Budidaya bunga Anggrek secara Hidroponik, Kenapa Tidak?


Pertanianku – Bunga yang satu ini sangatlah populer di kalangan bunga hias. Bagaimana tidak, bentuknya yang indah memiliki daya tarik tersendiri, terlebih bagi wanita.

Keistimewaan lain bunga anggrek ialah bunga ini dapat hidup meski menumpang di pohon lain. Tak heran jika Anda bisa saja menemukan bunga anggrek di dalam hutan dengan menempel pada pohon-pohon besar ataupun di lereng pegunungan. Namun, tahukah Anda bahwa bunga anggrek ternyata dapat ditanam dengan metode hidroponik?

Hidroponik adalah metode pembudidayaan tanaman dalam larutan nutrisi (pupuk dan air) tanpa menggunakan tanah. Metode ini sangat ramah lingkungan karena tidak perlu menggunakan pestisida yang membahayakan lingkungan. Media dan peralatan yang digunakan untuk mendukung metode hidroponik antara lain pipa, pasir, pecahan batu bata atau batu karang, sabut kelapa, kerikil, batu apung, bahkan bisa juga dengan potongan kayu.

Metode hidroponik dapat menjadi alternatif bagi seseorang yang mempunyai lahan sempit karena tidak memerlukan banyak lahan, cukup memanfaatkan tembok rumah atau pagar dan lain-lain. Metode ini juga cocok bagi daerah yang kurang subur.

Berikut tata cara budidaya anggrek secara hidroponik.

  1. Persiapan alat

Sebelum melakukan penanaman ada baiknya menyiapkan terlebih dahulu alat dan bahan yang dibutuhkan pada budidaya anggrek dengan metode hidroponik ini. Alat dan bahan yang perlu disiapkan antara lain media tanam (pelet tanah liat, gelas plastik bekas atau yang lainnya), nutrisi hidroponik khusus tanaman bunga, alat pelubang gelas plastik (paku, gunting atau yang lainnya), tatakan gelas, dan tentunya bibit bunga anggrek.

  1. Penananam

Setelah alat dan bahan siap, lakukan penanaman. Sebelumnya, gelas plastik bekas yang akan digunakan untuk tanam dilubangi bagian dasarnya dengan menggunakan paku atau yang lainnya. Buatlah dua lubang yang sejajar dengan diameter masing-masing lubang sekitar 0,5 cm dan jarak antarlubang sekitar 5 cm. Selain pada bagian dasar, buat juga lubang berdiameter sama dengan lingkar gelas tanam.

Baca Juga:  Pil KB Digunakan sebagai Penyubur Tanaman, Bagaimana Bisa?!

Jika lubang telah dibuat, selanjutnya masukkan media tanam berupa pelet tanah liat dalam gelas tanam yang sudah dilubangi tadi dengan ukuran hingga setinggi lubang yang dibuat melingkari gelas tanam. Setelah itu, tanam bibit anggrek dalam gelas dengan posisi tegak dan timbun kembali dengan media tanam pelet tanah liat hingga seluruh bagian akar anggrek tertutup.

Letakkan gelas tanam anggrek tersebut di atas tatakan gelas, lalu beri air yang sudah dicampur dengan nutrisi hidroponik khusus bunga ke dalam gelas tanam tersebut. Letakkan pada tempat yang teduh dan hindari dari sinar matahari secara langsung hingga beberapa hari agar anggrek dapat beradaptasi.

  1. Perawatan

Lakukan perawatan pada tanaman anggrek hidroponik tersebut dengan cara memeriksa larutan nutrisi pada gelas tanam anggrek secara rutin. Jika larutan mulai berkurang, segera beri larutan nutrisi kembali.

Bagaimana, cukup mudah bukan melakukan budidaya anggrek dengan metode hidroponik?! Selamat bercocok tanam!

loading...
loading...