Budidaya Bunga Bougenville untuk Mempercantik Pekarangan Rumah


Pertanianku – Pasti Anda tidak asing lagi dengan bunga yang satu ini? Pasalnya, bunga ini banyak ditanam oleh masyarakat untuk mempercantik pekarangan rumah. Dialah bunga bougenville. Bougenville merupakan salah satu jenis tanaman hias yang memiliki beberapa warna yang sangat cantik.

Budidaya Bunga Bougenville untuk Mempercantik Pekarangan Rumah

Warna-warna tersebut mulai dari ungu, merah, putih, oranye, juga kuning. Bunga bougenville biasanya mekar pada saat musim panas atau kemarau. Uniknya lagi, bunga satu ini dapat dilakukan modifikasi pada pohonnya dengan teknik tempel sehingga semua jenis warna bunga bougenville dapat disatukan dalam satu pohon. Sungguh menarik, bukan?

Bagi Anda penyuka tanaman bonsai, bougenville bisa juga dibuat dalam bentuk bonsai yang menarik. Selain itu, cara melakukan budidaya bunga bougenville tergolong cukup mudah. Bahkan, tanaman ini dapat hidup jika diletakkan di tempat yang terkena sinar matahari langsung. Jika berminat membudidayakannya, berikut panduan budidaya bunga bougenville untuk Anda.

Pembibitan

Setiap ingin melakukan budidaya tanaman, memilih bibit tanaman yang ingin ditanam adalah langkah awalnya. Pilih batang utama untuk dijadikan bibit. Ambil batang berukuran sedang dengan cabang daun yang tidak terlalu rimbun. Pembibitan dapat dilakukan dengan cara cangkok. Untuk melakukannya, pada tahap awal Anda harus mengupas tangkai secara melingkar sepanjang 10 cm dan kikis bagian kambiumnya sampai lendirnya hilang. Bungkus kupasan batang tadi dengan tanah gembur, lalu bungkus dengan plastik dan biarkan selama 3 minggu sampai ditumbuhi akar.

Penanaman

Potong cangkokan yang sudah berakar dengan potongan miring tajam agar nantinya mudah ditancapkan ke lahan tanam. Kemudian yang perlu disiapkan selanjutnya adalah media tanam dari campuran tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1. Masukkan dalam pot yang cukup besar dengan kedalaman sekitar 30 cm dan berdrainase baik. Setelah plastik cangkokan dibuka, kemudian tanam cangkokan sedalam 10 cm.

Baca Juga:  Manfaat Bunga Cempaka untuk Atasi Berbagai Penyakit

Jika ingin melakukan penyambungan batang agar dalam satu tanaman terdapat berbagai macam warna bunga, potong tunas muda tersebut dengan potongan miring, kemudian sambung dengan tunas batang dari jenis lainnya. Ikat kuat sambungan dalam posisi yang tepat, hindarkan dari kemasukan air dengan cara memberikan pelindung plastik pada sambungan. Setelah 15 hari sambungan tunas tersebut sudah bisa dibuka karena keduanya sudah tersambung dengan baik.

Perawatan

Perawatan pada budidaya bunga bougenville dapat dilakukan dengan pemangkasan batang agar tanaman terlihat rapi. Pemupukan bisa dilakukan setelah tanaman tumbuh besar. Lakukan penyiraman secara rutin dengan menyesuaikan cuaca dan kondisi tanaman. Terakhir, pastikan tanaman diletakkan di areal yang terkena sinar matahari langsung agar dapat tumbuh dengan baik.

Demikianlah tips mudah budidaya bunga bougenville. Cukup mudah, bukan? Selamat bercocok tanam!

loading...
loading...