Budidaya Bunga Kuping Gajah di Rumah


Pertanianku – Tanaman hias bunga kuping gajah bagi sebagian orang belum mengenalnya. Ini karena memang tanaman tersebut masih jarang dibudidayakan. Padahal, bunga kuping gajah sangat cocok dibudidayakan di pekarangan rumah.

Budidaya Tanaman Hias Bunga Kuping Gajah di Rumah

Bunga kuping gajah berupa bunga daun yang masih berupa bunga rumpun yang juga bisa tumbuh rapat dan besar. Itulah kenapa bunga ini dinamai bunga kuping gajah. Perawatannya sangat mudah, demikian pula proses penanamannya cukup sederhana. Jika Anda tertarik, berikut cara mudah budidaya bunga kuping gajah.

Pembibitan

Tahap awal yang harus dilakukan untuk memulai budidaya bunga kuping gajah adalah pembibitan. Pembibitan bunga kuping gajah adalah dengan cara pemisahan rumpun yang dilakukan menggunakan pisau. Hati-hati, jangan sampai merusak bagian akar, batang, dan daunnya. Setelah itu, simpan terlebih dahulu bibit pada tempat lembap dan basah sebelum ditanam.

Penanaman

Jika bibit sudah siap, buat media tanam berupa campuran tanah dan pupuk kandang/kompos (1:1). Selanjutnya, tanam bibit dalam media tanam dengan hati-hati. Padatkan tanah di sekitarnya supaya bibit tidak roboh. Siram agar bibit segar dan dapat tumbuh baik.

Perawatan

Seperti tanaman pada umumnya, perawatannya juga hanya sebatas penyiraman secara berkala secukupnya. Lakukan penyiangan bila diperlukan saja. Jangan lupa berikan pupuk berupa pupuk kandang/pupuk kompos secukupnya paling tidak 1—1,5 bulan sekali.

Baca Juga:  Ini Gambaran Pertanian Perkotaan Masa Depan
loading...
loading...