Budidaya Cacing Sutera untuk Tingkatkan Produktivitas Benih

Pertanianku — Cacing sutera merupakan salah satu jenis pakan alami yang sangat dibutuhkan untuk pakan benih ikan. Pakan alami ini menyediakan sumber gizi yang dibutuhkan benih untuk tumbuh dengan optimal. Salah satu cara untuk menyediakan pakan alami tersebut adalah dengan budidaya cacing sutera.

budidaya cacing sutera
foto: pertanianku

Direktur Jenderal Perikanan Budidaya Kementerian Kelautan dan Perikanan, Slamet Soebjakto, menengaskan pakan alami ini sangat penting untuk mendukung keberhasilan proses pembenihan ikan. Namun, sayangnya ketersediaan cacing sutera cukup sulit, sebagian penjual pakan ini masih mengambil dari alam. Budidaya cacing sutera masih dianggap sebagai kegiatan kurang penting.

“Meski terkadang pakan alami ini suka dilupakan atau dikesampingkan, karena tidak semua orang telaten dalam budidaya pakan alami dan ada juga yang menganggap sepele. Padahal ini merupakan satu kunci sukses di awal kita melakukan budidaya ikan atau udang,” jelas Dirjen Slamet Soebjakto seperti dikutip dari laman kkp.go.id.

Loading...

Nama lain dari pakan cacing sutera adalah tubifex yang merupakan bagian penting dari proses produksi benih. Kalau tidak ada tubifex, produksi benih akan terganggu. Misalnya, pada komoditas produksi benih lele, patin, dan gurame, tubifex merupakan pakan yang tidak bisa dihilangkan atau digantikan.

Selain tubifex, ada pakan alami lain yang juga harus dipertimbangkan oleh pembudidaya, di antaranya artemia, moina, atau daphnia. Seluruh pakan tersebut bisa menjadi kunci sukses budidaya ikan atau udang. Namun balik lagi, masih sedikit pembudidaya yang menyadari betapa pentingnya pakan alami tersebut untuk ikan budidaya.

“Orang jarang sekali melihat, padahal pakan alami punya peranan sangat penting atau bahkan dianggap sebagai pondasi dalam berbudidaya ikan,” sambung Slamet.

Slamet mengatakan, untuk membangun industri benih yang baik, industri pakan alami juga dibangun untuk mendukung keberhasilan industri benih yang kokoh. Untuk mendapatkan itu semua, langkah yang harus ditempuh adalah input produksi, volume sesuai dengan kebutuhan yang ada, dan kualitas harus terjamin.

Baca Juga:  Cara Membedakan Kelamin Jantan dan Betina pada DOC

Mengingat pakan alami seperti tubifex dan artemia memiliki nilai ekonomi yang tinggi, diperlukan kemauan yang tinggi untuk mempelajarinya serta dukungan dari stakeholder seperti UPT dan Litbang untuk terlibat dalam produksi pakan alami secara berkesinambungan agar produktivitas ikan budidaya bisa terus meningkat.

Loading...
Loading...