Budidaya Ikan Lebih Mudah dengan Kolam Terpal, Ini Alasannya


Pertanianku — Pembudidaya ikan bukan tanpa alasan lebih menyukai kolam terpal sebagai tempat untuk membudidayakan ikan-ikan mereka. Alasan penggunaan terpal dalam budidaya ikan patut diketahui agar bisa mengenali dasar penggunaan beragam jenis kolam.

kolam terpal
Foto: Google Image
  1. Kolam terpal bisa digunakan pada daerah yang sulit air

Air adalah elemen penting dalam budiaya ikan. Ada beberapa bagian atau daerah di Indonesia yang masih kesulitan dalam pemasokan air. Hal ini tentunya menjadi kendala tersendiri bagi pemilik kolam ikan.

Kebanyakan petani ikan yang berada di pesisir pantai atau daerah yang memiliki jenis tanah porous akan menggunakan lapisan terpal pada kolam ikan mereka. Ini digunakan untuk menahan supaya air tidak langsung hilang karena kolam tanah tidak cukup bisa menampung air di sana.

  1. Menjaga agar kolam tidak berbau

Seperti yang kita ketahui bahwa penggunaan alas terpal pada dasar kolam biasanya diperuntukkan bagi penggunaan kolam tanah. Nah, nantinya terpal ini akan meredupkan bau yang tidak enak dari penguapan tanah. Ini karena tidak jarang konsumen akan menolak membeli ikan yang berbau lumpur.

  1. Panen ikan lebih mudah

Kolam yang menggunakan bantuan terpal ini lebih terjangkau ukuran panjang dan luasnya. Jadi, akan memudahkan ketika melakukan pemanenan jika dibandingkan dengan jenis kolam lainnya.

  1. Pengolahan kolam akan lebih cepat

Kolam budidaya yang menggunakan bantuan terpal akan lebih mudah dibersihkan dan pengeringan juga akan lebih cepat. Pasalnya, kolam budidaya ikan yang jarang dibersihkan dan dikeringkan akan menyebarkan banyak masalah dan menimbulkan bibit penyakit.

  1. Kualitas hidup ikan lebih tinggi

Kelangsungan hidup ikan yang dibudidayakan pada kolam yang menggunakan bantuan terpal akan lebih tinggi karena beragam faktor yang menguntungkan seperti yang sudah disebutkan di atas. Inilah alasan yang menguatkan para pembudidaya ikan menggunakan terpal dalam kolam budidaya mereka.

Baca Juga:  Cara Ampuh Cegah Predator dan Penyakit Lele Sangkuriang