Budidaya Kacang Koro Hasilkan Keuntungan Melimpah

Pertanianku — Siapa sangka jika budidaya kacang koro yang tidak begitu populer ini ternyata mampu mendatangkan keuntungan berlimpah? Kacang koro atau dalam bahasa Inggris dikenal sebagai jack bean ini memiliki harga jual yang cukup tinggi, yakni Rp2.500—4.000 per kilogram.

budidaya kacang koro
Foto: freepik

Kacang koro pedang merupakan jenis kacang yang dapat tumbuh di mana saja. Dibandingkan jenis kacang yang lain, kacang koro dapat mencapai produktivitas hingga 4—20 ton per hektarenya. Jumlah yang fantastis bila dibandingkan dengan jenis kacang lain seperti kacang hijau, kacang tanah, dan kacang kedelai.

Kini, pemerinttah sedang mendorong usaha budidaya kacang koro agar lebih digiatkan lagi oleh petani Indonesia. Dukungan tersebut diberikan dalam bentuk alokasi bantuan demonstrasi plot atau demplot pada lahan seluas 5 hektare untuk budidaya koro pedang.

Loading...

Benih yang disediakan pun merupakan benih bersertifikat. Langkah ini diambil oleh Kementerian Pertanian sebagai upaya peningkatan kualitas tanaman koro pedang yang kini sedang naik daun dan memiliki nilai jual tinggi.

Koro pedang sendiri ada dua jenis, yakni koro parasman dan koro bakul. Keduanya memiliki keunikan dan keunggulannya masing-masing. Budidaya koro yang menguntungkan ini dapat Anda sesuaikan dengan keadaan lahan dan jenis koro yang hendak ditanam.

Sebagai sumber protein, popularitas koro masih jauh di bawah kacang-kacangan yang lain. Namun, bukan berarti tumbuhan ini tidak memiliki gizi yang mencukupi. Tanaman koro pedang memiliki kandungan vitamin A, vitamin B, dan vitamin C yang baik bagi tubuh.

Pengolahan biji koro juga dapat meningkatkan nilai jual tanaman koro. Biji koro bisa diolah menjadi makanan ringan dan dijual secara online. Selain itu, koro pedang juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku pupuk, bungkilnya dimanfaatkan sebagai pakan ternak, serta bijinya diolah sebagai bahan baku tahu, tempe, dan abon.

Baca Juga:  Ide Bisnis Ketan Hitam, si Hitam yang Menggoda

Keunggulan tanaman koro pedang tidak hanya pada biji koronya. Penanaman koro pedang menguntungkan petani karena sangat toleran terhadap kekeringan dan lahan yang kering. Koro pedang merupakan tanaman yang dapat tumbuh pada lahan krisis dan tidak subur, serta membutuhkan air dalam jumlah sedikit.

Loading...
Loading...