Budidaya Kitolod yang Ampuh Mengobati Sakit Mata

Pertanianku – Bagi sebagian orang pasti belum mengenal bunga yang getahnya berkhasiat menyembuhkan katarak, sakit mata, mata minus, ataupun glukoma yaitu bunga kitolod. Bunga kitolod berwarna putih dan memiliki lima mahkota bunga. Sedangkan daunnya berbentuk memanjang dan bertepi bergerigi. Namun, dibalik semua kesederhanaan itu terkandung suatu obat. Berikut beberapa cara budidaya kitolod.

Budi Daya Kitolod, Bunga yang Ampuh Mengobati Sakit Mata

  1. Pembibitan

Budidaya kitolod tahapan awalnya yakni melakukan pembibitan yang dapat dilakukan dengan memisahkan tunas rumpun bibit dari rumpun indukan yang rimbun. diusahakan memilih tunas yang tumbuh dengan baik serta Anda harus memisahkannya dari rumpun indukannya dengan hati-hati. Kemudian setelah terpisah maka bibit bisa segera langsung ditanam di media tanam dan tempat yang dikehendaki.

Loading...
  1. Penanaman

Sebelum budidaya kitolod terlebih dahulu Anda harus membuat media tanam yang akan digunakan sebagai media tanam bunga kitolod. Buat dari campuran tanah dengan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1. Tahap selanjutnya campur sampai merata. Kemudian selanjutnya bibit ditanam di media tanam tadi. Timbun dengan baik dan berikan sedikit tekanan agar disekitar pangkal bibit agar kuat dan tidak roboh. lakukan penyiraman secara rutin yang bertujuan agar bibit tumbuh baik.

  1. Perawatan

Pada budidaya kitolod perawatan dilakukan dengan menyiramnya 5–7 hari sekali dan tak lupa memberikan pupuk setidaknya 3 bulan sekali.

Baca Juga:  Obati Asma dengan Tanaman Hias Irah-irahan (Cissus javana)
Loading...
Loading...