Budidaya Lebah Madu di Pekarangan Rumah, Begini Caranya!


Pertanianku — Bagi Anda yang ingin budidaya lebah madu, sebenarnya tidaklah sulit dan tidak memakan waktu lama. Akan tetapi, lebah ini tergantung dari kondisi lingkungan yang memadai.

budidaya lebah madu
Pixabay

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk budidaya lebah madu. Di bawah ini akan diuraikan tentang bagaimana cara mengembangkan lebah dari pemilihan bibit lebah yang bagus hingga penggembalaan lebah madu.

Anda harus membuat kotak terlebih dahulu. Kotak itu nantinya akan digunakan untuk menampung lebah madu. Buatlah kotak dengan papan-papan dari batang kayu pohon waru atau pohon sengon.

Mengapa kedua jenis pohon itu? Itu karena kotak sangat memengaruhi kenyamanan lebah yang tinggal di dalamnya. Selanjutnya, suhu lingkungan juga harus diperhatikan karena lebah tidak suka dengan tempat yang panas dan banyak asap.

Dalam budidaya lebah madu, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk makanan sehari-harinya. Anda hanya perlu menanam bunga-bunga di sekitaran tempat budidaya. Alangkah baiknya jika pekarangan rumah Anda dibuat menjadi seperti kebun-kebun yang banyak menghasilkan bunga.

Hasil madu dari setiap kotak lebah tidak bisa ditargetkan karena lebah sangat tergantung dengan musim yang sedang terjadi dan bunga-bunga yang ada di sekitarnya.

Yuk, simak ulasan selengkapnya di bawah ini tentang cara budidaya lebah madu yang bisa Anda praktikkan di rumah mulai dari sekarang.

  • Persiapkan kotak yang nantinya dipakai untuk menampung lebah madu yang bagian atasnya terbuka dan buat tutup kotak secara terpisah.
  • Ambil tutup kotak kemudian taruh di bagian atas dari koloni lebah.
  • Tempelkan telapak tangan untuk menggiringnya secara perlahan sehingga koloni berpindah dan menggantung ke tutup kotak.
  • Sambil menggiring, carilah lebah ratu. Bentuknya paling besar dan paling Panjang, berwarna kuning muda seperti lebah yang baru menetas.
  • Ambil ratu dan potong sayapnya agar dia sulit terbang. Sebab, jika ratu terbang akan diikuti oleh semua lebah yang ada.
  • Setelah sayap dipotong, jangan sampai ratu tersebut jatuh ke tanah karena di samping takut terinjak atau di mangsa hewan lain, lebah pekerja tak akan ikut ratu yang berada di permukaan tanah. Bahkan, ratu akan ditinggal, lalu mereka akan mencari ratu baru.
  • Jangan takut disengat ratu lebah karena semua lebah akan mati setelah menyengat. Untuk itu, biasanya ratu tak akan menyengat karena hanya ratu yang mempunyai tugas bertelur terus dan tak mati setelahnya. Lebah pekerja bisa bertelur, tapi setelah satu kali bertelur ia akan mati. Maka, lebah pekerja pasti tak akan berani bertelur jika tak terpaksa, misalnya ratu mati.
  • Posisikan koloni berada di atas untuk mempermudah mencari ratu.
  • Pindahkan ke kotak setelah ratu sudah aman. Bila perlu ratu diikat dengan benang kecil atau buatkan kurungan sebesar kotak korek api dengan kawat nyamuk.
  • Hiraukan sementara lebah yang beterbangan ke sana kemari. Setelah salah satu lebah mengetahui posisi ratunya, tak lama lebah-lebah akan berkumpul mengerumuni ratu mereka.
Baca Juga:  Berbudidaya Belut di Rumah Itu Mudah
loading...
loading...