Budidaya Lele Jadi Solusi Pemasukan di Tengah Pandemi

Pertanianku — Kementerian Kelautan dan Perikanan melalui Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan (BRSDM) dan Balai Pelatihan dan Penyuluhan Perikanan (BPPP) mengadakan pelatihan yang bertajuk ‘Pelatihan Teknik Budidaya Pembesaran Ikan Lele’.

ikan lele
foto: pertanianku

Kegiatan tersebut dilakukan di Balai Riset Perikanan Perairan Umum dan Penyuluhan Perikanan (BRPPUPP) Palembang. Peserta yang mengikuti pelatihan tersebut adalah pembudidaya ikan sebanyak 50 orang yang berasal dari Kota Palembang, Provinsi Sumatera Selatan.

.

Loading...

Kegiatan tersebut dilakukan di Balai RKepala BRSDM Sjarief Widjaja mengungkapkan, metode yang digunakan dalam pelatihan ini adalah semi-blended, yakni pelatihan yang diselenggarakan dengan menggabungkan pelatihan daring dengan tatap muka yang dipandu oleh instruktur atau pelatih. Namun, pelatihan tatap muka akan tetap dilakukan dengan protokol kesehatan.

“Kita selenggarakan pelatihan dengan menggunakan platform e-Jaring dengan pelatih dari BPPP Medan. Namun, di lapangan kita juga hadirkan lima orang penyuluh untuk mendampingi dan membimbing langsung para peserta,” terang Sjarief seperti dikutip dari laman kkp.go.id.

Sjarief menjelaskan, metode ini dipilih untuk mengoptimalkan pemahaman peserta tentang pelatihan yang diberikan. Sebelumnya, KKP juga sudah pernah melakukan pelatihan dengan metode tersebut seperti pelatihan budidaya maggot untuk pakan alami ikan di Kabupaten Banyumas dan pelatihan budidaya udang vaname super intensif di Kabupaten Cilacap.

Kepala Pusat Pelatihan dan Penyuluhan Kelautan dan Perikanan (Puslatluh KP), Lily Aprilya Pregiawati, menjelaskan tema pelatihan yang digelar disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat yang sudah teridentifikasi. Melalui pelatihan ini, Lily berharap peserta bisa mendapatkan ilmu pengetahuan yang baik sehingga bisa menjadi modal utama untuk memulai bisnis budidaya ikan lele.

Ikan lele merupakan salah satu komoditas perikanan yang disukai oleh masyarakat. Selain disukai, ikan lele juga cukup mudah dibudidayakan. Budidaya lele ini bisa menjadi salah satu alternatif untuk mengembalikan kondisi perekonomian masyarakat yang terdampak.

Baca Juga:  Waspada! 5 Binatang Ini Hama Ikan Lele

Lele bisa dibudidayakan di berbagai macam media, mulai dari yang rumit hingga yang sederhana. Lele bisa dibudidayakan di ember yang lebih praktis. Pada pelatihan kali ini, wadah yang digunakan adalah kolam terpal. Para peserta tidak hanya menyaksikan proses pembuatan, tetapi juga ikut praktik langsung pembuatannya.

 

Loading...
Loading...