Budidaya Lele Laba Puluhan Juta per Tahun

Pertanianku — Lele merupakan ikan konsumsi air tawar yang sangat potensial untuk dibudidayakan. Setiap hari, permintaan terhadap ikan lele semakin meningkat. Namun sayang, kebutuhan tersebut masih belum bisa terpenuhi secara maksimal karena masih banyak yang menganggap kalau budidaya lele itu sulit.

budidaya lele
Foto: Dok. Pertanianku

Akan tetapi, tak sedikit pula yang menganggap bahwa budidaya lele itu mudah. Sebab, jika ditekuni dengan serius, ‘mudahnya’ budidaya lele ini bisa mendatangkan keuntungan yang berlimpah. Bahkan, ada yang benar-benar menjadikannya sebagai mata pencaharian utama.

Kandungan gizi ikan lele

Di balik rasanya yang lezat ikan lele memiliki segudang kandungan gizi yang sangat bermanfaat dan menguntungkan bagi tubuh. Ikan lele memiliki kandungan sumber protein yang sangat banyak. Selain itu, ikan lele juga memiliki kandungan gizi seperti vitamin B dan zat besi. Kita bisa memperoleh manfaatnya tersebut dengan rutin mengonsumsinya.

Sukses beternak lele ala William Perkasa

Beternak atau membudidayakan lele kini menjadi tren usaha yang cukup diminati. Pasalnya, untuk menjalankan usaha ini Anda tidak perlu babak belur supaya menjadi sukses. Bahkan, beternak lele bisa menjadikan Anda seorang pengusaha yang sukses tanpa ribet seperti yang dialami William Perkasa.

Pria asal Sumatera Utara ini memulai usahanya sebagai peternak lele sekitar 4 tahun yang lalu. Tepatnya pada 2014, ia memberanikan diri untuk merintis usaha beternak lele dengan modal keberanian. Ia mengaku, tak ada keahlian khusus, hanya secara otodidak. Bahkan, ilmunya hanya ia dapatkan dari berbagai sumber dan riset langsung terhadap perilaku serta teknik budidayanya.

Karena tekadnya yang kuat, saat ini William memiliki 24 unit kolam beton di Wonosobo, Jawa Tengah. Di mana masing-masing kolam tersebut berukuran 3 m × 3 m × 1,2 m. Selain itu, ia juga mengelola usaha pembesaran lele sebanyak 64 unit kolam di Bintaro Sektor 9, Tangerang Selatan.

Baca Juga:  5 Keuntungan Bisnis Hidroponik untuk Pemula

Menurut William, beternak lele itu mudah, kitanya saja yang bikin repot. Untuk memulainya, ia menyarankan untuk membulatkan tekad terlebih dahulu, kemudian berusaha memahami teknik-teknik dasar beternak lele. Maka, jika Anda ingin sukses seperti William Perkasa, ada baiknya untuk mengikuti panduan darinya yang tertuang dalam buku Beternak Lele Mudah, Kita Aja yang Bikin Repot ala William Perkasa.

Anda bisa mencari tahu apa saja yang harus disiapkan sebelum budidaya, bagaimana cara pemeliharaan, cara menghadapi kendala, hingga analisis usahanya. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, jadi juragan lele seperti William Perkasa!

Loading...