Budidaya Sayuran dengan Robot, Seperti Apa Ya?


Pertanianku – Manusia kini seolah berlomba-lomba menciptakan inovasi dengan mengaplikasikan teknologi canggih. Salah satunya pembuatan robot.

Seorang peneliti dari University of Sydney, Australia, menciptakan Ladybird, robot yang dapat bergerak dengan energi tenaga matahari. Lalu, apa kegunaan robot tersebut?

Ladybird memiliki panel surya yang menyelimuti bagian tubuhnya untuk proses konversi dari radiasi cahaya matahari menjadi energi listrik. Seperti dilansir Ubergizmo, proyek robot ini telah menghabiskan dana sebesar US$1 juta dan diprakarsai oleh peneliti dari University of Sydney, Australia.

Ladybird bisa membantu petani menggarap sawah atau ladang. Ladybird bisa memonitor dan membantu budidaya tanaman sayuran. Robot bertubuh besar ini juga dapat mengendalikan pergerakan dirinya sendiri dan didukung dengan teknologi laser. Tugas utama robot ini adalah mengambil berbagai jenis data mengenai pertanian.

Cara kerja Ladybird menggunakan sensor yang dapat mendeteksi tahap pertumbuhan sayuran dan juga spesies hama. Robot ini juga memiliki lengan yang membantu membuang rumput liar jika diperlukan. Lengan robot juga dapat berfungsi untuk memanen tanaman.

Sangat canggih bukan, robot hasil karya peneliti dari Sydney, Australia tersebut.

Baca Juga:  Yuk, Kenalan dengan PRISM, Sistem Informasi Padi Berbasis Satelit
loading...
loading...