Budidaya Srikaya Jumbo, Daging Tebal dan Biji Sedikit

Pertanianku — Srikaya berukuran jumbo berasal dari Australia dengan bobot buah yang mencapai 800 gram per buah, jauh lebih besar dibanding srikaya lokal yang hanya 100–200 gram per buah. Srikaya introduksi ini bisa tumbuh dengan subur di Indonesia pada ketinggian 100–1.000 m dpl. Namun, budidaya srikaya jumbo akan maksimal di ketinggian 100–300 m dpl.

budidaya srikaya
foto: Unsplash

Perbanyakan srikaya jumbo tergolong sulit karena harus dilakukan dengan teknik sambung mata dan sambung susu. Tanaman ini memiliki cabang yang mudah patah sehingga sulit diperbanyak melalui cangkok.

Berikut ini langkah-langkah budidaya srikaya jumbo.

Penanaman

Srikaya dapat ditanam di pot berdiameter 40–50 cm atau langsung di lahan. Penanaman di pot dapat dilakukan dengan media tanam yang terbuat dari campuran tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan jumlah yang sama.

Sementara itu, untuk menanam srikaya di lahan, Anda perlu menyiapkan lubang tanam berukuran 50 cm × 50 cm × 50 cm. Selanjutnya, pisahkan tanah galian bagian atas dengan tanah bagian bawah. Setiap lubang diberi pupuk kandang atau kompos sebanyak 10–15 kg, sebagian pupuk dicampur dengan tanah bagian atas. Lubang tanam dibiarkan selama 2–4 minggu sebelum digunakan.

Pemeliharaan

Cara pemeliharaan tanaman srikaya di pot ataupun lahan, sama saja. Tanaman perlu disiram, dipangkas, dipupuk, dan dirawat buahnya. Tanaman srikaya perlu disiram sebanyak 2–3 liter air per pohon. Penyiraman harus rutin dilakukan agar bunga tidak rontok karena kekeringan. Penyiraman untuk tanaman di pot harus dilakukan setiap hari. Penyiraman dilakukan hingga air siraman keluar dari dasar pot.

Sementara itu, penyiraman untuk tanaman srikaya di lahan harus dilakukan dengan membuat gundukan mengelilingi batang dengan cekungan di bagian tepinya.

Baca Juga:  Cara Budidaya Bawang Prei

Tanaman srikaya yang sudah tumbuh setinggi 1,5 m perlu mendapatkan pemangkasan pertama. Pemangkasan sebaiknya dilakukan pada musim hujan karena tanaman bisa stres bila pemangkasan dilakukan saat tanah kekurangan air. Pemangkasan memiliki banyak tujuan sehingga cara pemangkasan harus disesuaikan dengan tujuannya.

Tanaman srikaya yang masih muda diberikan pupuk NPK 15:15:15 sebanyak 30–40 gram per tanaman dan pupuk kandang 5 kg yang disebar di atas media tanam. Pupuk diberikan dua bulan sekali. Setelah berumur dua tahun, tanaman diberikan pupuk NPK 15:15:15 sebanyak 50–75 gram per tanaman. Pupuk diberikan dengan cara dibenamkan ke dalam media tanam secara melingkar sedalam 3 cm.

Buku 20 Tanaman Buah Koleksi Ekslusif membahas cara perawatan srikaya jumbo dan berbagai buah-buahan eksklusif lainnya. Dapatkan buku panduan berkebun buah ini di sini.