Budidaya Tanaman Herba Hias dalam Pot

Pertanianku — Tanaman herba dapat menjadi pilihan bila Anda ingin bercocok tanam menggunakan pot. Selain memberikan keindahan, tanaman herba juga memiliki aroma yang khas sehingga dapat membuat lingkungan lebih asri dan wangi. Ada beberapa jenis tanaman herba hias yang biasa ditanam dalam pot.

Kemangi

tanaman herba hias
Foto: pixabay

Tanaman kemangi mampu tumbuh pada berbagai jenis iklim. Selain keindahan daunnya, kemangi juga memiliki aroma harum yang tercium di sekitar tanaman. Aroma ini mirip dengan aroma limau sehingga terasa segar.


Loading...

Anda juga dapat mengonsumsinya sewaktu-waktu ketika membutuhkan. Kemangi biasa digunakan sebagai lalapan dan dikonsumsi bersama timun, kol, dan sambal. Cara bertanam kemangi juga sangat mudah, yakni melalui bibit yang dijual di toko ataupun dari biji yang diperoleh dari bunga kemangi.

Seledri

tanaman herba hias
Foto: pixabay

Sama seperti kemangi, tanaman dengan nama ilmiah Apium graveolens ini juga dapat dijadikan tanaman hias dalam pot dengan ditanam dan diletakkan dalam ruangan. Pemanfaatan seledri sangat luas sehingga keberadaan tanaman ini akan membantu Anda dalam membuat berbagai olahan makanan.

Seledri merupakan tumbuhan terna pendek. Perawatannya pun sangat mudah. Cara memperbanyak seledri bisa dilakukan dengan biji atau anakan seledri yang tumbuh. Seledri umum digunakan sebagai taburan makanan berkuah seperti bakso atau soto.

Ketumbar

tanaman herba hias
Foto: pixabay

Sekilas, penampakan daun ketumbar hampir mirip dengan seledri. Daun ketumbar sering juga disebut sebagai coriander. Di Indonesia, penggunaan coriander sebagai bahan masakan hanya populer di beberapa daerah. Namun, bila Anda gemar membuat menu western, ketumbar merupakan tanaman yang cocok ditanam sebagai tanaman pot.

Kucai

tanaman herba hias
Foto: freepik

Terakhir, tak boleh ketinggalan untuk bertanam tanaman herba yang satu ini. Tanaman kucai sering dimanfaatkan bagian daunnya. Aromanya yang khas dan mirip dengan bawang putih membuat kucai sering dimanfaatkan sebagai tanaman herba hias dalam pot.

Baca Juga:  Krisan Bogor Ditargetkan Tembus Pasar Jepang

Kegunaan kucai banyak digunakan dalam masakan Tiongkok. Irisan daun kucai juga bisa ditambahkan pada menu bubur ayam dan lumpia. Kucai dipercaya dapat membantu menurunkan kolesterol. Tanaman kucai memiliki daun berbentuk pipih. Perawatannya sangat mudah dan dapat tumbuh di mana saja.

Loading...
Loading...