Buka Puasa dengan Pisang Panggang Saus Kurma

Pertanianku — Setelah minggu kedua dan minggu-minggu selanjutnya, biasanya banyak orang yang mulai jenuh dengan menu buka puasa. Untuk Anda yang sedang mencari inspirasi resep untuk menu buka puasa, Anda bisa coba membuat pisang panggang saus kurma. Mengingat buah kurma cukup gampang ditemukan di bulan puasa sehingga resep ini pasti sangat mudah dibuat.

pisang panggang saus kurma
foto: Pixabay

Jenis pisang yang digunakan adalah pisang kepok karena teksturnya yang tidak mudah hancur ketika diolah. Selain itu, kandungan kalium di dalam pisang kepok tergolong lebih tinggi dibanding jenis pisang lain. Menu buka puasa ini juga ramah bagi penderita hipertensi bila dalam pengolahannya tidak menggunakan garam sehingga ratio Na:K dapat dipertahankan ideal untuk penderita hipertensi.

Dalam satu menu pisang panggang saus kurma mengandung energi sebanyak 255,3 kkal, protein 2,3 gram, lemak 0,4 gram, karbohidrat 68,0 gram, natrium 10,5 mg, kalium 814,0 mg, kalsium 25,0 mg, dan magnesium 47,5 mg. Berikut ini bahan-bahan dan cara membuat pisang panggang saus kurma. 

Bahan-bahan:

  • 2 buah pisang kepok, kupas
  • 50 gram kurma
  • Minyak secukupnya untuk mengoles
  • Air secukupnya

Cara membuat:

  • Panggang pisang hingga matang, lalu letakkan pada piring saji.
  • Hancurkan kurma dengan memblendernya bersama dengan air hingga halus. Kemudian panaskan saus hingga mengental.
  • Sajikan pisang dengan saus kurma.

Kurma yang digunakan dalam resep ini juga berguna sebagai sumber zat gizi. Setiap 5 buah kurma kering mengandung 114 kalori, 22 persen air, 31 gram karbohidrat, 1 gram protein, 3 gram serat, 271 mg kalium, 15 mg magnesium, 17 mg fosfor, 13 mg kalsium, 2 IU vitamin A, 1 mg niasin, 0,1 mg vitamin B6, dan 5 mcrg folat.

Selain menjadi sumber energi, buah kurma juga bisa berkhasiat sebagai antioksidan, antikanker, vitamin, mineral, dan serat yang dapat menjaga kesehatan tubuh, mengurangi penyerapan kolesterol, dan glukosa

Baca Juga:  Tips Sukses Mencangkok Tanaman Buah