Bukan Cuma Buahnya, Masih Ada Bagian Tanaman Pepaya yang Bisa Dimanfaatkan

Pertanianku — Siapa yang tidak kenal dengan buah pepaya, salah satu jenis buah yang kaya nutrisi dan mudah didapatkan. Masyarakat Indonesia biasanya hanya memanfaatkan buah dan daun pepaya untuk dikonsumsi menjadi makanan yang bergizi. Namun, tahukah Anda, masih ada bagian tanaman pepaya lainnya yang bisa dimanfaatkan. Simak ulasannya berikut ini.

tanaman pepaya
foto: pixabay

Daun pepaya

Daun pepaya yang masih muda beserta dengan bunganya kerap dikonsumsi sebagai sayuran. Selain itu, air perasan daun pepaya dan bunga pepaya dapat dimanfaatkan sebagai jamu penambah nafsu makan. Masih banyak khasiat lainnya yang bisa Anda dapatkan dari daun pepaya.

Selain dikonsumsi, daun pepaya juga bisa dimanfaatkan sebagai pestisida nabati dan antibiotik alami untuk ikan bawal.

Getah pepaya

Getah pepaya sering dimanfaatkan di bidang kedokteran dalam jumlah yang terbatas sebagai bahan baku obat. Getah pepaya mengandung papain yang mengandung enzim proteolitik. Enzim tersebut dapat digunakan dalam industri makanan sebagai pelunak daging dan bahan baku kosmetik.

Di luar negeri, papain digunakan dalam industri pengolahan wol dan penyamakan kulit. Papain dapat menghilangkan noda yang melekat pada sutra alam, melindungi wol selama proses pengolahan agar tidak mengerut, dan menjernihkan minuman. Oleh karena itu, papain telah menjadi salah satu komoditas ekspor yang diminati oleh beberapa negara.

Papain atau getah pepaya umumnya diekspor dalam bentuk bubuk berwarna putih bersih. Bubuk papain diperoleh dari proses pengeringan dengan perlakuan panas yang optimal. Pengeringan tersebut harus memerhatikan jumlah getah yang dikerok dan waktu yang digunakan saat pengeringan.

Biji pepaya

Biji pepaya dapat dimanfaatkan sebagai obat herbal. Kandungan antioksidan di dalam biji dapat membantu tubuh mencegah penyakit kanker. Biji pepaya juga ampuh mengatasi infeksi yang ada di dalam tubuh. Ekstrak biji pepaya kering yang dicampur dengan madu efektif membunuh parasit yang bersarang di usus.

Baca Juga:  Khasiat Kayu Sintok sebagai Obat Herbal

Biji pepaya juga bisa Anda manfaatkan untuk menghilangkan uban. Biji pepaya yang sudah ditumbuk halus digunakan secara rutin saat mandi, kemudian keramas kembali dengan air bersih.