Bukan Hanya Tebu, Gula Bisa Dihasilkan dari Tanaman Ini

Pertanianku — Sebagian besar gula yang dikonsumsi masyarakat berasal dari tebu. Tahukah Anda, gula juga bisa terbuat dari singkong, sagu, ataupun sorgum. Tanaman penghasil gula tersebut selama ini hanya terkenal sebagai bahan pangan sumber energi dan terkadang pemanfaatannya belum dilakukan secara optimal sehingga nilai ekonominya masih rendah. Simak ulasan lebih lanjut mengenai tanaman penghasil gula di bawah ini.

tanaman penghasil gula
foto: Pixabay

Singkong

Singkong dapat diolah menjadi gula cair yang bisa digunakan sebagai pemanis. Hasil dari gula singkong tidak begitu berbeda dengan gula yang berasal dari tebu. Bagi beberapa penikmatnya, gula dari umbi ini dibilang lebih enak dan tidak ada rasa masam di rongga mulut.

Gula singkong tidak hanya berfungsi sebagai pemanis, tetapi sering digunakan oleh penderita diabetes sebagai pencegahan. Nilai kalori gula ini lebih rendah sehingga tidak memicu kenaikan kadar gula darah bagi penderita diabetes. Gula singkong tidak sulit dibuat. Hal ini terbukti dari banyaknya produsen gula ini di Indonesia. Anda pun bisa mendapatkannya dengan mudah di toko daring.

Kemudahan proses pembuatan gula singkong juga disebabkan oleh produksi singkong di dalam negeri tergolong tinggi sehingga sumber daya atau bahan bakunya melimpah.

Sagu

Tanaman penghasil gula selanjutnya yang masih sangat berpotensi untuk digarap adalah sagu. Sayangnya, potensi tersebut masih belum dimanfaatkan secara optimal. Gula sagu yang diolah dengan teknologi pengolahan gula singkong dapat menghasilkan rendemen minimal 85 persen sehingga potensi sagu itu setara dengan 444.500 ton gula cair. Sagu termasuk makanan pokok di beberapa daerah.

Di Papua, banyak pohon pagu yang siap panen dibiarkan membusuk karena tidak ada yang memanen. Dengan mengolahnya menjadi gula, nilai ekonomi sagu itu akan meningkat dan kebutuhan gula tidak hanya bergantung pada tebu.

Baca Juga:  Cara Memangkas Tanaman Tomat yang Benar

Sorgum

Belakangan ini sorgum mulai ditanam secara luas di lahan-lahan marginal dengan curah hujan yang rendah. Sorgum ini juga menyimpan potensi yang besar sebagai bahan baku gula. Produsen gula cair di Jombang, Jawa Timur, menggunakan batang sorgum untuk diolah menjadi gula cair.