Bulog Berjanji Akan Terus Serap Gabah ke Petani


Pertanianku – Pemerintah melalui Kementerian Pertanian bekerja sama dengan Bulog saat ini tengah menjalankan program serap gabah sebanyak-banyaknya dari petani. Bulog akan membeli dengan harga yang ditetapkan pemerintah (HPP) Rp3.700/kg.

Saat ini, Bulog telah membeli gabah dari petani sebanyak 14 ribu ton per hari sesuai HPP. Presiden RI Joko Widodo menargetkan hingga Oktober tercapai serapan gabah untuk mencapai 4 juta ton beras nasional.

Untuk mencapai target tersebut, Direktur SDM Perum Bulog Wahyu Suparyono mengatakan pihaknya siap bekerja tanpa jeda harian. Dalam sepekan aktivitas penyerapan gabah dari petani tetap dilakukan.

“Kami buka kantor tujuh kali 24 jam,” kata Wahyu saat melakukan kunjungan kerja bersama Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman di Desa Wanareja, Kecamatan Wanareja, Cilacap-Jawa Tengah, belum lama ini seperti melansir Republika (14/3).

Dalam kaitan dengan transaksi, Bulog bekerja sama dengan BRI. Bank tersebut, kata dia, juga melayani transaksi jual beli gabah pada akhir pekan sekali pun.

“Teman-teman BRI buka Sabtu-Minggu,” ungkap Wahyu.

Wahyu menegaskan Bulog selaku operator memutus rantai langsung transaksi antara petani dengan tengkulak yang biasa memainkan harga di pasaran. Bulog juga bekerja sama dengan TNI dan PPL.

Baca Juga:  Belasan Hektare Padi di Temanggung Diserang Hama Tikus
loading...
loading...