Bulog Serap Gabah Petani Saat Panen Raya di Jawa Timur


Pertanianku – Memasuki panen raya, Bulog Sub Divre IV Madiun, Jawa Timur, membeli gabah kering dari para petani di wilayah Madiun dan Ngawi. Bulog siap membeli gabah kering langsung dari petani dengan harga Rp3.700 per kilogram (kg).

“Kami sudah mulai melakukan penyerapan atau pembelian gabah dari petani di wilayah Ngawi dan Madiun melalui tim Satker ADA DN 2017 dan mitra kerja. Gabah yang dibeli dengan harga Rp3.700 harus sesuai spesifikasi dengan kadar air maksimum 25 persen dan hampa kotoran maksimum 10%,” jelas Kepala Sub Divre Bulog Wilayah IV Madiun, Antok Hendriyanto, belum lama ini seperti melansir Kompas (10/2).

Lanjut Antok, penyerapan atau pembelian gabah dari petani sudah dilakukan sejak seminggu yang lalu. “Tadi kami menyerap gabah kering panen milik petani di Kecamatan Kewadungan dan Kecamatan Pangkur dengan total yang dibeli 40 ton. Untuk pekan lalu, gabah kering panen yang dibeli mencapai 250 ton,” ujarnya.

Selain itu, tim pengadaan akan membeli gabah kering panen milik petani sesuai ketentuan harga yang ditetapkan pemerintah. “Kalau gabah kering panen yang dijual petani sesuai dengan spesifikasi maka akan dibeli Rp3.700. Sementara bila kadar air di atas 25% dan kotorannya di atas 10% maka akan tetap dibeli harganya variatif mulai dari Rp3.500 per kilogram,” ungkap Antok.

Dalam penyerapan itu, tim Satker Pengadaan Dalam Negeri 2017 bermitra dengan Gapoktan, KTNA, KUD di wilayah Sub Divre IV Madiun. “Kami sudah mensosialisasikan pengadaan gabah ke mitra kerja Bulog dan Gapoktan di wilayah Perum Bulog Subdrive Madiun,” papar Antok.

Baca Juga:  Banyuwangi Siapkan Bantuan untuk Korban Erupsi Gunung Agung
loading...
loading...