Bulog Siap Serap Beras Produksi Petani

Pertanianku — Perum Bulog menyatakan kesiapannya untuk serap beras produksi petani periode Januari—Maret 2019 ini. Hal ini diungkapkan oleh Direktur Pengadaan Perum Bulog Bachtiar saat menghadapi Rapat Koordinasi Serap Gabah/Beras Petani (Sergap) di Jakarta, Senin (14/1).

beras produksi petani
Foto: Google Image

“Kami siap mengerahkan seluruh jajaran Bulog untuk memaksimalkan serapan beras. Hari Sabtu-Minggu gudang akan tetap buka, dan kami akan turun ke lapangan untuk jemput bola,” ungkap Bachtiar seperti dikutip dari laman Kementan.

Kesiapan Bulog ini sebagai respons informasi dari Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman dalam Rakor Sergap, yaitu terdapat potensi 1,4 juta ton setara beras produksi petani untuk diserap pada Januari—Maret 2019.

Loading...

“Jika kita bisa serap 10 persen dari total produksi gabah bulan Januari—Maret 2019, target Sergap Bulog 2019 sebesar 1,5 juta ton setara beras dapat dicapai dengan mudah. Saya minta seluruh jajaran Tim Sergap agar turun ke lapangan guna menyerap hasil panen petani,” tegas Amran.

Kesiapan Bulog menyerap hasil produksi petani juga didukung oleh TNI AD yang akan melakukan pengawalan Sergap bersama Dinas Urusan Pangan dan Pertanian.

“Saya minta para Danrem dan Dandim agar melakukan upaya-upaya yang perlu dilakukan sehingga target Sergap di wilayahnya dapat dicapai dengan cepat dan optimal,” ungkap Aster KASAD TNI-AD Mayjen TNI Supartodi pada Rakor Sergap bersama Bulog dan Kementan.

Direktur Jenderal Tanaman Pangan Kementerian Pertanian Suamrjo Gator Irianto menyebutkan secara nasional peningkatan produksi padi, jagung, dan kedelai tercapai.

“Secara nasional selama setahun di 2018 bisa disimpulkan bahwa surplus padi dan jagung sudah bisa kita capai,” katanya secara terpisah.

Ditambahkan Gatot bahwa keberhasilan itu merupakan hasil pelaksanaan program Upaya Khusus Padi Jagung dan Kedelai (Upsus PJK) sejak 2015. Program ini mampu meningkatkan luas tanam padi secara signifikan, yaitu 2 juta hektare.

Baca Juga:  20 Hektare Lahan Kebun Sawit di Aceh Terbakar

“Dengan perbaikan prasarana dan sarana, penanganan pascapanen dan pengamanan produksi, produksi 2019 diproyeksikan akan meningkat lebih tinggi lagi di banding 2018,” katanya.

Loading...
Loading...