Bulog Upayakan Jaga Komoditas Pangan


Pertanianku – Pemerintah dalam rapat koordinasi di Kementerian Koordinator Bidang Ekonomi telah memastikan Perum Bulog hanya akan menjamin tiga komoditas pangan.

Bulog Upayakan Jaga Komoditas Pangan

Deputi Bidang Industri Agro dan Farmasi Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Wahyu Kuncoro mengungkapkan perluasan kewenangan Bulog tersebut akan didasarkan pada Peraturan Presiden (Perpres).

“Jadi pastinya nanti mungkin hanya tiga komoditas pangan saja, yaitu beras, jagung dan kedelai. Sebelumnya pangan pokok itu ada 11 komoditas, itu jadinya hanya tiga,” ucap Wahyu. Seperti dikutip Liputan6 (13/5).

Wahyu menuturkan, salah satu yang akan diputuskan untuk menguatkan peran Bulog tersebut akan ada Instruksi Presiden (inpres) yang menetapkan pengadaan harga gabah kering panen. Namun begitu, sisa komoditas yang belum bisa dijamin oleh Perum Bulog, pemerintah bakal mengarahkan untuk bisa dijamin oleh perusahaan BUMN lainnya.

Mengenai komoditas gula, PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero) direncanakan melakukan hal itu. Wahyu menambahkan, demi mewujudkan stabilitas harga pangan dan mewujudkan swasembada pangan seperti yang diinginkan Presiden Joko Widodo (Jokowi), perusahaan BUMN akan lebih digerakkan, tidak hanya Perum Bulog saja.

Perluasan penugasan Perum Bulog yang hanya tiga komoditas tersebut, diputuskan berdasarkan kapasitas Perum Bulog itu sendiri. “Karena kemampuan Bulog belum mumpuni, terutama jumlah SDM nya,” tutup Wahyu.

Baca Juga:  Vaksin Anti Flu Burung Ayam Petelur Telah Diluncurkan