Bunga Anggrek Punya Manfaat Luar Biasa untuk Kehidupan Manusia


Pertanianku Bunga anggrek (Orchidaceae) merupakan salah satu jenis bunga yang banyak tersebar luas di kawasan yang beriklim tropika. Tanaman ini biasa hidup pada tempat yang memiliki ketersediaan air yang rendah dan sangat menyukai paparan sinar matahari tidak langsung. Oleh karena itu, biasanya anggrek hidup di bawah naungan pohon.

Bunga anggrek
Foto: Pixabay

Pada berbagai kalangan, anggrek digunakan sebagai simbol cinta, kemewahan, ataupun keindahan. Masyarakat Yunani menjadikan bunga ini sebagai simbol kejantanan, sedangkan masyarakat Tiongkok menggunakan anggrek sebagai bahan wewangian kaisar kuno.

Sementara, di Cina, anggrek dimanfaatkan sebagai tanaman obat yang mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit. Adapun manfaat dari tanaman anggrek sebagai berikut.

  1. Penghilang stres

Menurut para ahli kesehatan, membudidayakan bunga anggrek ataupun bunga lain sebagai tanaman hias dapat membantu mengurangi tingkat stres pada seseorang. Keindahan dan aroma yang terpancar dari bunga ini dapat meningkatkan efek relaksasi serta memberikan ketenangan dan kedamaian bagi pemiliknya.

  1. Bantu obati sakit gigi dan telinga

Arethusa bulbosa merupakan salah satu spesies anggrek yang memiliki akar dengan kandungan senyawa kimia yang mampu menyembuhkan sakit gigi serta penyakit telinga.

  1. Sembuhkan demam dan nyeri sendi

Manfaat bunga anggrek bagi kehidupan manusia terutama jenis Aplestrum hyemale, biasa digunakan sebagai obat untuk mengatasi gangguan bisul. Pasta dari daun hootieriana vanda digunakan sebagai tapal panas untuk menyembuhkan nyeri pada sendi.

  1. Bantu hilangkan polusi serta racun di udara

Dengan memelihara bunga anggrek sebagai tanaman hias di rumah, hal ini dipercaya dapat menghilangkan polusi serta efek racun yang terbawa oleh udara. Dengan begitu, menciptakan lingkungan yang bersih, sehat, dan nyaman.

  1. Cegah penuaan dini

Akhir-akhir ini, bunga anggrek telah diberdayakan sebagai salah satu bahan utama dalam pembuatan produk kosmetik. Ekstrak minyak dari bunga anggrek telah terbukti mampu membantu meremajakan kulit serta membuat kulit terasa lebih kencang, yang pada akhirnya hal ini dapat membantu seseorang untuk mencegah terjadinya penuaan dini.

Baca Juga:  Peran Penting Budidaya Tanaman Hias untuk Lingkungan