Bunga Anyelir Varietas Sitari, Bunga Cantik yang Memiliki Dua Warna

Pertanianku — Bunga anyelir sering digunakan sebagai bunga buket yang diberikan sebagai hadiah atau memang ditanam sebagai tanaman hias di pekarangan. Keindahan bunga anyelir tidak kalah dari bunga mawar atau anggrek. Ada banyak varietas bunga anyelir yang indah, salah satunya adalah bunga anyelir sitari.

bunga anyelir sitari
foto: pixabay

Varietas bunga anyelir sitari dikembangkan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pertanian (Balitbangtan) melalui Balai Penelitian Tanaman Hias (Balithi). Varietas ini dikembangkan dengan teknologi unggul sehingga bisa menghasikan varietas tanaman anyelir sitari.

Dibandingkan dengan beberapa jenis bunga anyelir lainnya, anyelir sitari memiliki dua warna yang indah, batangnya kokoh, dan tidak memiliki tunas lateral pada pertumbuhan apical dominan aktif. Daun bunga anyelir sitari meruncing, dilapisi lilin, dan bersusun saling berhadapan.

Produktivitas varietas unggulan ini berkisar antara 10—15 tangkai per batang per tahun. Bunga ini memiliki tingkat kesegaran yang cukup lama, berumur genjah, bisa diperbanyak melalui cara setek, dan pertumbuhan akarnya cepat.

Selain itu, kelebihan lain dari bunga dengan dua warna ini adalah tahan terhadap penyakit layu Fusarium dan dapat beradaptasi di dataran tinggi dengan ketinggian 700—1.200 mdpl.

Varietas unggul besutan Balitbangtan melalui Balithi sangat berpotensi untuk dikembangkan secara komersial, baik oleh industri bunga potong maupun petani bunga.

Bunga anyelir atau Carnation flower memiliki nama Latin Dianthus caryophyllus diambil dari salah satu nama Dewa Yunani. Ada banyak versi warna dari bunga ini, mulai dari kuning, merah, putih, ungu, merah muda, hingga oranye.

Di balik keindahannya, ternyata bunga anyelir memiliki makna yang cukup menarik. Penamaan yang diambil dari nama dewa, yakni Dianthus ternyata berasal dari susunan dua kata, yaitu “Dios” yang berarti Dewa Zeus dan “Anthos” berarti bunga. Dengan begitu, jika digabung, artinya adalah bunga para dewa.

Baca Juga:  Pentingnya Manfaat Mangrove untuk Kehidupan

Nama Carnation sendiri diberikan kepada bunga anyelir karena bunga ini sering digunakan sebagai simbol pengangkatan raja Yunani, yaitu Coronation. Meskipun tidak sepopuler bunga mawar, keindahan serta unsur budaya di dalam bunga ini cukup kental sehingga membuat bunga anyelir memiliki keunikan tersendiri yang disukai oleh pehobi bunga hias.

 

 

 

 


loading...