Bunga Calendula Bisa Bikin Kulit Sehat


Pertanianku Bunga calendula yang memiliki kelopak kuning cerah ternyata bermanfaat bagi kesehatan kulit. Ya, tidak hanya cantik, bunga ini juga berkhasiat meredakan inflamasi, mengobati luka seperti luka bakar, eksim, hingga kondisi kulit lainnya.

bunga calendula
Foto: Pixabay

Melansir laman Prevention, sebuah studi di Australia menunjukkan bahwa ekstrak bunga calendula mampu melindungi kulit dari radikal bebas yang menyebabkan munculnya kerutan.

Itu karena bunga yang juga disebut pot marigold ini mengandung asam fenolat dan flavanoid glycosides yang bertindak sebagai anti-oksidan dan anti-inflamasi.

Jelasnya seperti apa? Dikutip dari Livestrong, Kamis (4/5/2017, berikut ini dua manfaat utama bunga calendula bagi kesehatan kulit yang perlu Anda ketahui.

  1. Menyembuhkan luka

Bunga calendula mengandung senyawa anti-inflamasi dan antiseptik. Maka, tak heran jika bunga ini kerap digunakan untuk mengatasi luka bakar akibat sengatan sinar matahari (sunburn), ruam, gigitan serangga, serta iritasi lainnya.

Pengobatan dengan calendula juga bisa meredakan masalah kulit seperti kontak dermatitis (eksim) yang disebabkan kondisi lingkungan. Calendula mampu mempercepat proses regenerasi jaringan kulit dan mengatasi inflamasi.

  1. Menjaga kekenyalan kulit

Minyak calendula biasa digunakan untuk perawatan kulit kering dan rusak. Senyawa alami bunga calendula membantu kulit awet muda dan berkilau. Bahkan, minyak calendula cukup aman dioleskan pada bagian kulit di sekitar mata untuk mencegah timbulnya keriput.

Meski bunga calendula umumnya bermanfaat bagi kesehatan kulit, tak semua orang bisa merasakan dampak positifnya. Bunga ini juga bisa menimbulkan ruam pada orang yang alergi terhadapnya. Bahkan, Memorial Sloan Kettering Cancer Center memperingatkan, ibu hamil dan menyusui sebaiknya menghindari produk-produk yang terbuat dari bunga calendula.

Baca Juga:  Sejuta Manfaat Chamomile untuk Kecantikan
loading...
loading...