Bunga Cantik yang Bisa Dimakan

Pertanianku Bunga yang bisa dimakan sering disebut sebagai edible flowers. Keindahan bunga tersebut dapat digunakan untuk menghias makanan serta menambah tekstur dan aroma pada hidangan. Bunga dapat digunakan untuk makanan utama, penutup, salad, ataupun minuman. Pada umumnya bagian yang dikonsumsi hanya bagian kelopaknya. Berikut ini beberapa jenis bunga yang bisa dimakan.

bunga yang bisa dimakan
foto: Pixabay

Bunga sepatu

Bunga sepatu sering ditanam di pekarangan sebagai tanaman hias. Ternyata, bunga sepatu juga bisa digunakan untuk memperkaya rasa pada hidangan yang Anda buat. Bagian yang dikonsumsi adalah mahkota bunga. Mahkota bunga sepatu juga dapat dimanfaatkan sebagai campuran salad dan teh.

Lavender

Bunga lavender terkenal sebagai salah satu senjata pamungkas untuk mengusir nyamuk. Hal ini karena aroma tanaman hias ini tidak disukai nyamuk. Lavender sering digunakan untuk membuat marshmallow.

Keindahan bunga lavender juga berguna untuk mempercantik kue. Selain itu, lavender juga bisa dimanfaatkan untuk menambah rasa manis pada salad. Bagian bunga lavender yang dapat dikonsumsi adalah bagian kelopak bunganya.

Bunga mawar

Bunga mawar terkenal sebagai lambang kasih sayang karena sering digunakan saat seseorang mengekspresikan rasa sayangnya kepada pasangan. Selain jadi bunga potong, bunga mawar juga bagus menjadi tanaman hias karena bentuk bunganya yang indah.

Keindahan bunga mawar bisa Anda konsumsi dan olah menjadi selai, jeli, cake, dan minuman seperti sirop dan teh. Bagian yang dapat dikonsumsi adalah mahkota bunga. Sebelum mengonsumsi, Anda perlu membuang bagian pangkal bunga terlebih dahulu.

Lili

Bunga lili yang sangat cantik juga bisa Anda konsumsi. Bunga lili memiliki cita rasa manis. Rasa manisnya hampir sama seperti melon dan mentimun. Bagian yang bisa Anda konsumsi ialah mahkota bunganya. Mahkota bunga lili yang cantik dapat diolah menjadi sup, sayuran, atau digoreng garing.

Baca Juga:  Keindahan Bunga Mawar Hitam yang Makin Langka

Pansy

Bunga pansy sering dijadikan sebagai hiasan bolu, sup, kue kering, ataupun puding. Bagian yang bisa dimanfaatkan adalah mahkota bunganya. Sebelum dikonsumsi, Anda perlu menghilangkan benang sari dan putik tanaman terlebih dahulu.