Bunga Dahlia, Tanaman Cantik yang Berkhasiat

PertaniankuBunga dahlia atau Dahlia variabilis merupakan tanaman hias yang disukai oleh pehobi karena memiliki sosok bunga yang indah. Tanaman ini sering dirawat sebagai tanaman hias, tetapi tahukah Anda bunga dahlia ini juga berkhasiat sebagai obat herbal.

bunga dahlia
foto: pixabay

Tanaman ini merupakan perdu yang tegak, tingginya bisa mencapai 3 m. Daun tanaman berwarna hijau, berbentuk lonjong dengan bagian ujung yang lancip dan tepi bergerigi. Bunga dahlia cukup besar dan indah. Warnanya sangat bervariasi, ada yang putih, kuning, jingga, violet, merah, ungu, atau campuran. Tanaman ini memiliki umbi batang yang cukup besar.

Bagian yang bisa dijadikan untuk obat herbal adalah bagian umbi batangnya. Umbi batang dahlia mengandung 70 persen pati dalam bentuk insulin. Kandungan tersebut bisa digunakan untuk mengobati diabetes.

Loading...

Umbi dahlia tersebut harus diekstrasi terlebih dahulu untuk diambil insulin murninya. Insulin murni umbi dahlia sudah dimanfaatkan dalam bidang kedokteran. Insulin tersebut berperan sebagai prebiotik yang merupakan unsur-unsur gizi yang bermanfaat bagi pertumbuhan dan kesehatan tubuh manusia.

Insulin dalam umbi dahlia bisa berubah menjadi fruktosa jika difermentasikan oleh enzim tertentu atau jamur tanah. Fruktosa adalah gula yang sering digunakan pada olahan makanan.

Dahlia merupakan tanaman hias yang berasal dari Meksiko. Tanaman ini dapat tumbuh subur di dataran tinggi dengan ketinggian optimal 700—1.000 mdpl. Saat ini, dahlia sudah tersebar luas di seluruh dunia.

Meskipun sudah terkenal di dalam bidang kesehatan, hingga saat ini tanaman ini lebih dikenal sebagai tanaman hias. Bahkan, agribisnis yang paling potensial dari bunga dahlia adalah bunga potong. Dahlia menjadi bunga resmi Kota Seattle, negara bagian Washington, Amerika Serikat.

Hingga saat ini masih belum ditemukan literatur yang membahas efek samping dari penggunaan umbi dahlia sebagai obat herbal. Namun, karena proses pengolahannya yang tidak sederhana, disarankan untuk tidak mencobanya jika tidak didampingi oleh tenaga ahli seperti herbalis atau dokter.

Baca Juga:  Khasiat Selasih, Sembuhkan Demam dan Insomnia
Loading...
Loading...