Bunga Euphorbia, Apotik Hidup yang Manfaatnya Luar Biasa


PertaniankuBunga euphorbia merupakan sejenis tanaman berbunga yang cantik, namun mempunyai banyak duri di bagian batangnya. Selain keindahannya sebagai tanaman hias, bunga euphorbia ternyata juga memiliki berbagai manfaat dan khasiat. Karena itu, euphorbia menjadi salah satu tanaman yang termasuk dalam apotek hidup.

Bunga euphorbia
Foto: Pixabay

Penasaran apa saja manfaat dari bunga hias tersebut untuk kesehatan? Simaklah ulasannya berikut ini.

  1. Menyembuhkan penyakit hepatitis A

Hepatitis A adalah penyakit yang dapat menyerang organ hati. Penyakit ini disebabkan oleh infeksi virus. Salah satu cara menyembuhkannya adalah dengan bunga euphorbia.

Untuk membuat ramuan penyembuh hepatitis A, potong ujung batang bunga euphorbia dan iris-iris, kemudian rebus dengan 3 gelas air hingga hanya tersisa 1 gelas. Minum air tersebut setiap hari selama satu bulan dan rasakan perubahannya.

  1. Menyembuhkan bisulan

Penyakit bisul memang terasa menyakitkan. Untuk menyembuhkan bisulan, Anda bisa membakar batang bunga euphorbia, kemudian tumbuk dan tempelkan ke bagian kulit yang bisulnya mulai membesar. Tidak lama kemudian, bisul akan pecah namun segera sembuh dan tidak muncul kembali.

  1. Mengatasi sembelit

Sembelit atau susah buang air besar sebenarnya bukanlah penyakit. Haya saja merupakan gejala awal dari adanya suatu penyakit. Untuk menyembuhkannya, batang euphorbia dicuci lalu digiling halus dan diperas. Kemudian, airnya diaduk dengan tepung tapioka secukupnya, lalu dibuat pil sebesar kacang hijau. Keringkan dengan cara memanggang dengan tatakan genting. Setelah jadi, Anda bisa memakan 1 pil sehari

  1. Mengobati luka bakar

Bunga euphorbia juga bisa dijadikan obat untuk mengatasi luka bakar. Caranya cukup mudah, yaitu dengan merebus daun bunga euphorbia, lalu dijadikan bahan pengompres pada bagian kulit yang mengalami luka bakar.

  1. Meredakan pendarahan pada rahim

Meredakan pendarahan rahim bisa Anda lakukan dengan cara herbal, yaitu dengan merebus 15 kelopak bunga euphorbia pada olahan sup dengan daging sapi. Selain rasanya lezat, pendarahan akan segera berhenti dan rahim kembali sehat.

  1. Radang anak telinga
Baca Juga:  Hindari 4 Kesalahan Ini Saat Memasak Ayam

Untuk mengatasi radang anak telinga, yaitu cabang segar dibuang kulitnya, lalu ditumbuk halus dan diperas. Kemudian airnya dipakai dan diteteskan ke bagian anak telinga yang sakit. Gunakan 2—3 tetes, dan dalam sehari lakukan 4—6 kali.

  1. Mengatasi sakit gigi

Ambil getah euphorbia beberapa bagian dengan cotton bud, lalu dilumaskan pada gigi yang terasa sakit atau berlubang. Lakukan 1—2 kali sehari, tetapi harus hati-hati, jangan sampai mengenai gigi yang sehat.