Bunga Foxglove, Beracun tapi Berkhasiat untuk Penyakit Jantung


Pertanianku — Pernahkah Anda mendengar nama bunga foxglove? Bunga ini disebut-sebut bisa digunakan untuk mengatasi masalah jantung.

bunga foxglove
Foto: Pixabay

Beberapa bunga yang kerap dijadikan obat rumahan biasanya bunga chamomile, yakni untuk meringankan masalah sulit tidur. Ada pula bunga mawar yang dapat membuat kita lebih rileks. Dan, beberapa jenis bunga lainnya yang dapat menurunkan berat badan.

Mengutip Liputan6.com, Liliana Bellini dari Nelsons Homepathic Pharmacy di London, yang menerapkan ilmu Dr. Edward Bach mengatakan, sudah sejak abad ke-17 bunga foxglove digunakan oleh para tentara perang dan keluarganya untuk mengobati penyakit kardiovaskular.

Menurut penemu terapi bunga Bach ini bahkan sampai sekarang pun ada beberapa jenis obat kimia yang memiliki kandungan bahan hasil ekstraksi dari bunga foxglove. Obat kimia ini digunakan untuk pasien-pasien yang bermasalah dengan jantung, termasuk gagal jantung.

Dikutip dari situs Net Doctor, Kamis (4/5/2017), foxglove adalah bunga berbentuk lonceng. Bunga ini merupakan salah satu tanaman pertama yang digunakan untuk pengembangan obat-obat farmasi.

Meskipun bunga ini sendiri termasuk tanaman yang beracun, ia sangat berguna untuk pengobatan. Selain mengatasi masalah jantung, bunga ini pun digunakan untuk menghentikan penyebaran sel kanker.

Menurut pemimpin penelitian dari Institute for Cell Engineering di John Hopkins University, Dr. Gregg Semenza, bunga foxglove memiliki satu bahan kimia yang bertugas memblokir produksi protein HIF-1. Itu adalah protein pengontrol gen yang memungkinkan sel-sel kanker bertahan hidup di lingkungan yang rendah oksigen.

Baca Juga:  Refugia, Tanaman Hias untuk Lawan Hama
loading...
loading...