Bunga Langka Nan Eksotik Mekar di Bengkulu Tengah


Pertanianku – Bunga yang satu ini memang tergolong unik. Bunga yang dikenal memiliki aroma menyerupai bangkai ketika mekar ini bernama Rafflesia arnoldi. Keberadaannya yang sangat sedikit menjadikan bunga ini begitu populer. Terlebih lagi hanya waktu-waktu tertentu bunga ini akan tumbuh mekar.

Mekarnya bunga Rafflesia arnoldi tentu saja menjadi momen langka yang selalu menjadi bahan pembicaraan banyak orang. Seperti belum lama ini, dua bunga Rafflesia arnoldi mekar sempurna di dua lokasi berbeda, yakni di hutan lindung Kabupaten Bengkulu Tengah, Provinsi Bengkulu.

Ibnu yang baru terpilih sebagai Ketua Forum Masyarakat Peduli Rafflesia Bengkulu Tengah mengatakan habitat Rafflesia arnoldi di kawasan Hutan Taba Penanjung diharapkan mampu menggerakkan wisata setempat.

“Satu bunga sudah mekar memasuki hari keempat, sedangkan satu lainnya mulai mekar sempurna hari ini,” kata warga pengelola habitat bunga rafflesia di Bengkulu Tengah,” tutur Ibnu Hajar saat dihubungi dari Bengkulu, seperti melansir Antara (25/9).

Ibnu mengatakan bunga pertama yang tumbuh mekar berada di kilometer 42 dari Kota Bengkulu. Posisi bunga berjarak 50 meter dari badan jalan lintas tengah yang menghubungkan Bengkulu dengan Provinsi Sumatera Selatan.

Sementara bunga kedua berada di kilometer 47 dari Kota Bengkulu dengan jarak tempuh sekitar 20 meter dari badan jalan.

“Kami sudah membuat tanda berupa pemasangan spanduk sebagai informasi bagi para pengunjung yang ingin menyaksikan keunikan bunga rafflesia,” tambahnya.

Lebih lanjut Ibnu menjelaskan bahwa kelopak bunga rafflesia bertahan mekar sempurna hingga empat hari ke depan.

loading...
loading...