Bunga Pagoda, Si Cantik Penambah Darah Alami


Pertanianku Bunga pagoda disebut-sebut sangat bermanfaat sebagai penambah darah. Sebelum itu, mari terlebih dahulu mengetahui perbedaan kekurangan darah dengan darah rendah. Mungkin banyak masyarakat awam yang menyangka kalau keduanya sama saja.

Bunga pagoda
Foto: Pixabay

Padahal, keduanya berbeda karena istilah kurang darah digunakan untuk menggambarkan seseorang yang menderita anemia, dimana kadar hemoglobinnya di bawah normal. Sementara, darah rendah merupakan keadaan dimana tekanan darah Anda berada di bawah batas normal.

Hemoglobin berada di dalam sel darah merah yang memiliki peranan untuk menyalurkan oksigen ke seluruh organ tubuh. Oleh karena itu, ketika seseorang mengalami anemia atau kurang darah, badannya akan terasa lemah karena kadar oksigen yang beredar di dalam tubuhnya berkurang drastis.

Penyebab utama seseorang menderita anemia ialah karena kekurangan zat besi. Wanita paling rentan terkena anemia dibanding pria karena memiliki fase dimana mereka harus mengeluarkan banyak darah dalam proses menstruasi.

Untuk mengatasinya, selain dengan metode medis, Anda juga bisa menambah darah dengan mengonsumsi bunga pagoda. Bagi Anda yang tinggal di kawasan pedesaan, tentu sudah tidak asing lagi dengan bunga yang memiliki bentuk seperti pagoda dalam kisah Kera Sakti Sun Go Khong.

Hampir semua bagian tanaman pagoda bisa digunakan untuk pengobatan. Akarnya berkhasiat sebagai peluruh kencing, antipembekuan darah, dan antiperadangan sehingga dapat digunakan untuk meredakan bengkak. Sementara, daun tanaman pagoda berkhasiat untuk mengeluarkan nanah dan bersifat antiradang.

Bagi Anda yang tengah menderita anemia, maka bisa mengobatinya dengan bunga pagoda. Caranya, siapkan bunga pagoda sebanyak 30—90 gram untuk direbus dan diminum hasil rebusannya. Atau, Anda juga bisa mengeringkan bagian akarnya dan menjadikannya serbuk untuk diseduh dan diminum. Konsumsi sebaiknya dilakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Baca Juga:  Cara Mengolah Sarang Burung Walet untuk Panganan Herbal

Jangan lupa juga untuk senantiasa memeriksakan kondisi tubuh ke dokter, terutama cek darah. Sebab, hal itu penting untuk memastikan apakah langkah pengobatan yang Anda lakukan dengan bunga pagoda mujarab atau tidak.

loading...
loading...