Inilah Khasiat Bunga Rosella


Pertanianku – Bunga rosella saat ini tengah popular dikalangan masyarakat, sering kita mendengar teh yang terbuat dari bunga rosella. Bunga rosella sebenarnya bukan berasal dari Indonesia, bunga ini berasal dari Negara Afrika. Banyak orang mulai mengetahui khasiat bunga rosella untuk kesehatan dan diolah menjadi minuman. Lantas apa khasiat bunga rosella.

Bunga Rosella Apa Khasiatnya
deherba

Bunga rosella memiliki banyak sekali manfaat jika dikonsumsi, bunga ini dipercaya dapat meningkatkan kekebalan tubuh serta bisa mengobati beberapa penyakit. Berikut adalah beberapa khasiat bunga rosella dan manfaatnya :

  1. Bunga ini memiliki kandungan antioksidan yang terdapat pada kelopaknya. Antioksidan terdapat di dalam senyawa fenolik, di dalam kelopaknya terdapat zat antosidan yang dapat memberikan perlindungan terhadap gejala diabetes, kanker, bahkan jantung.
  2. Zat yang terdapat di dalam bunga rosella dipercaya dapat menghambat sel kanker dengan cara menanggulangi kerusakan DNA. Hanya dengan mengkonsumsi bunga rosella, Anda dapat mencegah penyakit kanker.
  3. Bunga rosella juga dicari orang karena dapat menurunkan tekanan darah, zat yang terdapat di dalamnya berfungsi sebagai obat captopril yang mampu menurunkan tekanan darah.

Menanam bunga rosella tidaklah susah, Anda bisa melakukannya sendiri di rumah, karena termasuk kedalam jenis tanaman tropis. Merawat bunga ini tidak perlu mendapat perhatian khusus, dianjurkan bagi Anda yang ingin menanam bunga rosella lakukanlah di tanah jangan di pot agar mendapatkan hasil yang baik. Buah pada tanaman ini tidak hanya berbuah pada musim tertentu saja bahkan bisa tumbuh sepanjang tahun. Bahkan tinggi tanaman ini bisa mencapai lima meter.

Baca Juga:  Atasi Kanker Serviks dengan Tanaman Herbal