Bunga Tanaman Delima Rontok? Coba Pakai Cara Ini

Pertanianku — Secara umum, faktor kerontokan bunga pada setiap jenis tanaman adalah hal yang lumrah terjadi karena adanya proses fisiologis seperti halnya pada bunga tanaman delima. Kerontokan bunga terjadi karena tanaman delima yang ditanam kekurangan unsur hara atau disebut juga dengan sebutan defisiensi.

Dikarenakan bunga adalah tempat reproduksi pada tanaman, maka apabila terganggu atau mengalami kerontokan, bisa membuat delima tidak bisa mengalami pembuahan juga. Adapun faktor lain yang membuat bunga delima rontok selain dari kekurangan unsur hara adalah kurang terkontrolnya proses penyiraman tanaman yang tidak teratur.

Faktor hormon yang terjadi di dalam tanaman pun bisa juga membuat bunga tanaman delima bisa rontok. Hal ini tentunya disebabkan kurang lengkapnya tanaman tersebut dalam menghasilkan enzim tertentu. Salah satu hormon yang paling penting seperti dengan fitohormon bisa saja sedang bermasalah sehingga perannya untuk proses pembentukan bunga kurang maksimal. Untuk bisa menanggulangi kerontokan bunga, berikut pemeliharaan yang bisa Anda lakukan.

Penyiraman teratur

Lakukan roses penyiraman 2 kali sehari. Pertama siramlah pada saat pagi hari sebelum matahari muncul. Untuk yang kedua kalinya Anda bisa menyiramnya sore hari. Pastikan tanah yang disirami benar-benar telah meresap dan jangan sampai menggenang. Saat musim hujan, Anda hanya perlu memerhatikan air supaya tidak terus menggenangi tanaman.

Pemberian pupuk

Pemberian pupuk pada saat terlihat bunga delima yang rontok tentunya bisa Anda lakukan, apabila tanaman delima Anda tidak diberi pupuk sebelumnya. Hal ini dikarenakan tanaman delima yang telah diberi pupuk namun suatu ketika bunganya rontok bisa disebabkan faktor lain. Faktor ini, baik adanya gangguan hormon reproduksi pada tanaman tersebut maupun kurangnya air.

Pemangkasan

Baca Juga:  Bumi Laskar Pelangi Kantongi Potensi Durian dan Manggis

Salah satu langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengantisipasi kerontokan adalah dengan melakukan pemangkasan. Hal ini dilakukan untuk bisa menstimulasi kembali perkembangan dari proses pembungaan pada delima. Melakukan proses pemangkasan sendiri memberi efek khusus yang tidak tampak seperti memperlancar penyerapan nutrisi yang dilakukan pada sistem reproduksi tanaman. Dengan begitu, membuat tanaman delima bisa berbunga dengan baik.

Sebelum melakukan pemangkasan, pastikan tanaman sudah terlihat tidak tumbuh konsisten di beberapa cabang seperti sudah adanya kerontokan di beberapa bagian. Lakukan pemangkasan pada bagian ujung dari tanaman. Beri kembali pupuk setelah pemangkasan. Pastikan untuk selalu menyirami tanaman setiap hari. Hal ini karenakan tanaman delima dalam menghasilkan buah memerlukan asupan air yang cukup.

Loading...