Khasiat Bunga Teratai Sebagai Obat Herbal


Pertanianku – Bunga teratai adalah salah satu bunga hias yang sangat indah dan banyak disukai orang. Bunga ini memiliki bentuk yang indah. Hampir semua orang yang memiliki kolam di pekarangan rumahnya, tertarik untuk meletakkan bunga ini sebagai hiasan. Warna bunga yang indah dan daunnya yang lebar terlihat sangat mempesona saat mengapung di permukaan air. Ternyata ada banyak sekali  manfaat bunga teratai sebagai obat herbal.

Bunga Teratai Berkhasiat Sebagai Obat Herbal

Beberapa khasiat bunga teratai yang baik untuk kesehatan antara lain :

  1. Teratai menjadi salah satu obat herbal yang mampu menurunkan tekanan darah rendah. Cukup rebus tunas dan biji bunga ini sesuai dengan kebutuhan. Setelah dingin, minum airnya dan makan bijinya juga. Baik dikonsumsi secara teratur setiap hari.
  2. Manfaat bunga teratai juga bisa dipergunakan untuk penderita penyakit jantung dan liver. Untuk mendapatkan manfaatnya, caranya dengan rebus bunga teratai serta tambahkan akar alang-alangnya pada rebusan. Obat herbal ini baik dikonsumsi setiap hari.
  3. Bagi seseorang yang mengalami susah tidur atau insomnia juga bisa menggunakan bunga ini untuk mengatasinya. Caranya cukup merebus biji teratai, lalu minum secara teratur.
  4. Akar teratai ternyata dipercaya dapat mengatasi mimisan, caranya dengan menghaluskan akar bunga teratai lalu teteskan airnya ke dalam lubang hidung.
  5. Teratai juga dapat mengobati batuk dan muntah darah bagi penderita penyakit paru-paru, yang perlu dilakukan ialah minumlah jus rimpang teratai secara rutin dan Anda akan melihat hasilnya.

Begitu banyak manfaat dari bunga teratai, cobalah tanam bunga ini di kolam pekarangan rumah atau kolam di taman.

 

Baca Juga:  Manfaat Sukun Sebagai Sumber Diet Rendah Kalori Hingga Obat Diare
loading...
loading...