Bunga Wijaya Kusuma, Fakta dan Mitosnya Bikin Takjub


Pertanianku Bunga wijaya kusuma juga dikenal dengan beberapa mitos dan faktanya yang unik dan mungkin tidak banyak diketahui oleh orang banyak. Bunga yang disebut juga dengan midnight lady atau night queen ini merupakan salah satu jenis bunga yang cukup unik. Bunga ini hanya mekar ketika tengah malam dan akan kembali layu pada pagi hari.

bunga wijaya kusuma
Foto: Google Image

Bentuk bunga dari wijaya kusuma ialah seperti terompet dengan rona warna merah muda di sekitar tangkainya. Akan tetapi, ada juga bunga dari wijaya kusuma yang berwarna kuning, merah, dan oranye.

Sementara, mahkota bunga wijaya kusuma berwarna putih dan benang sarinya berwarna putih kekuningan. Adapun fakta dan mitos bunga wijaya kusuma tersebut sebagai berikut.

  1. Berasal dari Venezuela, Amerika Selatan

Meskipun tanaman ini bernama wijaya kusuma, sebenarnya bunga ini berasal dari daratan Amerika Selatan, tepatnya di Negara Venezuela. Bunga ini dulunya memang dibudidayakan secara masif, terutama di kalangan kerajaan sebagai tanda kedigjayaan dan kekuatan sang raja.

  1. Jenis bunga yang langka

Bunga wijaya kusuma bernama Latin Epiphyllum anguliger, merupakan salah satu bunga langka yang saat ini sulit ditemukan di dunia. Karena itu, bunga ini termasuk bunga yang dilindungi di suaka alam milik negara. Bunga dengan ciri fisik yang unik ini biasanya tumbuh di daerah pantai dengan hidup menempel pada karang-karang besar.

  1. Mekarnya sulit diprediksi

Meskipun banyak yang menyebutkan bahwa bunga wijaya kusuma memang mekar di malam hari, faktanya bahwa bunga ini justru sulit untuk diprediksi secara pasti kapan waktu pemekarannya.

Hanya saja, memang banyak yang berpendapat bahwa bunga ini mekar di malam hari karena masih tergolong jenis tanaman kaktus. Bahkan di saat mekar, bunga ini akan mengeluarkan aroma yang lebih harum daripada bunga sedap malam.

  1. Mitos tentang mekarnya bunga wijaya kusuma
Baca Juga:  Lily of The Valley, Bunga Mungil dan Indah Tapi Beracun

Mitos menyebutkan bahwa seseorang yang tanpa sengaja melihat bunga wijaya kusuma sedang mekar, maka orang tersebut akan mendapatkan rezeki yang berlimpah, kesehatan, dan hal-hal baik lainnya. Secara ilmiah dan logika manusia, mitos ini memang tidak masuk akal. Namun pada beberapa kejadianyang mungkin memang bersifat kebetulan, mitos tersebut memang terjadi.

  1. Memiliki hubungan erat dengan penguasa masa silam

Bunga wijaya kusuma memiliki cerita atau mitos tersendiri di kalangan keraton Surakarta dan Yogyakarta. Hal tersebut bukan tanpa dasar. Dulunya, bunga wijaya kusuma memang dipercaya memiliki hubungan yang erat dengan para raja di Kerajaan Majapahit pada masa silam. Karena itu, masyarakat di sana mempercayai bahwa bunga wijaya kusuma memiliki kekuatan magis yang cukup besar.

loading...
loading...