Butir Penting dalam Metode SRI Organik Indonesia

Butir Penting dalam Metode SRI Organik Indonesia

Pertanianku – Dalam penerapan budi daya tanaman padi dengan metode SRI Organik Indonesia terdapat delapan butir penting sebagai berikut.

  1. Berpotensi untuk mengembangkan jumlah anakan dan tingkat produksinya sesuai dengan daya dukung siklus ruang dan siklus nutrisi yang dibangunnya.
  2. Dapat diterapkan oleh petani kecil untuk meningkatkan jumlah ketersediaan dan kualitas pangannya. Sementara itu, bagi petani yang memiliki usaha berskala besar dapat menjadi peluang bisnis yang memiliki daya saing tinggi.
  3. Bersifat sangat ekonomis karena selain menguntungkan, juga tidak merusak lingkungan.
  4. Berkinerja sebagai tani modern karena melandaskan diri pada paradigma baru keilmuan dan perkembangan mutakhir ilmu pengetahuan tentang multiskala ekosistem hayati.
  5. Berpeluang untuk terus mengembangkan inovasi baru yang berkelanjutan, baik dari pengalaman baru petani di lapangan maupun dari upaya riset baru yang dirancang di pusat-pusat penelitian.
  6. Berkembang sebagai ilmu pengetahuan yang tersistematik dengan baik karena terus-menerus memerlukan evaluasi dan pertimbangan akhir.
  7. Berperan sebagai pengembang pemahaman paradigma baru karena lebih mempertanyakan dibanding dengan menjawab.
  8. Berkembang bukan sebagai hasil spekulasi dan bukan pula karena sebuah kebijakan yang dipaksakan, tetapi lebih berkembang berdasarkan fakta di lapangan.

 

Sumber: Buku Padi Sri Organik

Baca Juga:  Limbah Jambu Mete Berpotensi Jadi Pestisida Nabati

loading...