Cabai Turunkan Risiko Parkinson


Pertanianku – Parkinson adalah penyakit yang menyerang sistem saraf dan biasanya terjadi pada orang tua di atas usia 40 tahun karena kurangnya senyawa dopamin. Seiring bertambahnya usia, produksi dopamin tubuh juga berkurang. Sebenarnya hal ini dapat diatasi dengan mengonsumsi nikotin.

Cabai Turunkan Risiko ParkinsonSeperti dikutip everydayhealth yang menyatakan bahwa sebuah penelitian mengungkapkan bahwa mengonsumsi sayuran secara alami dan mengandung nikotin seperti cabai merah, cabai rawit dan paprika akan membantu mengurangi risiko terkena penyakit parkinson. Sayur lain yang juga mengandung nikotin adalah kentang, terong, paprika, dan tomat.

Rutin mengonsumsi sayur tidak memengaruhi tinggi rendahnya seseorang terkena parkinson. Namun, penelitian menunjukkan adanya penurunan risiko parkinson jika Anda rutin mengonsumsi cabai dan paprika. Selain kandungan capsaicin, kandungan nikotin dalam cabai juga mampu merangsang produksi dopamin pada otak sehingga menenangkan sistem saraf.

Dopamin berperan penting dalam mencegah saraf tertekan dan membuat saraf rileks. Rileksnya saraf memberi efek membuat seseorang akan merasa bahagia. Perasaan ini harus dijaga terutama untuk lansia agar terhindar dari berbagai macam penyakit, termasuk parkinson yang menyerang sistem saraf otak.

Tembakau adalah salah satu tanaman yang memiliki paling banyak nikotin, tetapi Anda tidak bisa mengonsumsinya. Kandungan lain dalam tembakau tidak baik untuk tubuh, terutama kesehatan jantung dan paru. Tembakau bisa menjadi penyebab serangan jantung, stroke, dan bahkan beberapa macam kanker.

Baca Juga:  Tips Rahasia Merawat Cabai di Musim Hujan