Cacing Sutera, Pakan Alami Andalan untuk Larva Lele

Pertanianku — Peran pakan alami pada pembenihan ikan lele tidak bisa digantikan oleh pakan apa pun. Bahkan, pakan pelet tetap tidak bisa menggantikan 100 persen peran pakan alami. Salah satu pakan alami andalan pembenih lele adalah cacing sutera.

cacing sutera
foto: pertanianku

Pernah dijumpai beberapa kasus yang disebabkan oleh kekurangan cacing sutera. Larva yang sudah berumur empat hari diberikan pakan pelet yang diseduh dengan air panas. Menurut hasil pemantauan, larva-larva tersebut memang memakan pelet tersebut, tetapi pertumbuhannya lebih lambat.

Tidak sedikit larva yang mati karena perubahan kondisi air akibat pakan yang tidak termakan. Setelah 15 hari pemeliharaan sejak menetas, hanya sepertiga benih yang dapat dipanen.

Cacing sutera bukan menjadi satu-satunya pakan alami yang bagus untuk larva lele. Anda juga bisa menggunakan kutu air atau artemia. Biasanya, kutu air dijual dalam bentuk beku.

Pakan alami berperan penting bagi larva karena larva yang masih kecil belum memiliki sistem pencernaan yang maksimal sehingga membutuhkan pakan yang sesuai dengan kondisinya. Pakan alami menjadi hal penting setelah kuning telur terlepas dari larva, momen ini terjadi pada hari ke-4 setelah menetas. Pakan tersebut diberikan hingga benih berumur minimal 12 hari, tetapi sebaiknya pakan diberikan hingga benih berumur 14–15 hari.

Cacing sutera umumnya didapatkan dengan cara membeli di penampung atau pembudidaya. Selain itu, cacing juga bisa didapatkan dengan mencari sendiri di habitat aslinya. Pembudidaya biasanya mencari pakan alami ini di sungai. Cacing sutera banyak terdapat di dasar sungai. Namun, cacing sutera hasil buruan perlu dibersihkan terlebih dahulu sebelum diberikan pada larva. Cacing ditampung sementara pada bak yang terdapat air mengalir.

Sayangnya, persediaan cacing sutera yang diambil dari alam tidak stabil, kadang banyak hingga berlebih, kadang juga kurang. Jumlah hasil tangkapan biasanya bergantung pada kondisi alam. Saat musim hujan, aliran sungai akan meluap sehingga menyulitkan proses pencarian sehingga hasil buruan yang didapatkan lebih sedikit.

Baca Juga:  Kriteria Bibit Itik yang Bagus

Anda bisa mengatasi masalah kontinuitas persediaan cacing dengan membudidayakannya sendiri. Selain untuk memenuhi kebutuhan sendiri, budidaya cacing sutera dapat menjadi bisnis sampingan yang menggiurkan. Pasalnya, selama masih ada permintaan daging ikan lele, pasti ada permintaan benih. Adanya permintaan benih itu pasti membuat permintaan pakan tetap ada. Semuanya saling berkesinambungan.

Anda bisa mempelajari budidaya cacing sutera dari buku Bisnis Sampingan Untung Jutaan dari Beternak Cacing Sutera di Pekarangan. Buku ini bisa Anda dapatkan dengan menghubungi WhatsApp Penebar Swadaya atau berkunjung ke Tokopedia Penebar Swadaya.