Canggih, Deteksi Hama Kini Bisa Lewat Smartphone!


Pertanianku – Di era modern seperti sekarang ini, telah banyak inovasi yang diciptakan manusia guna membantu berbagai macam pekerjaan. Dengan kata lain, saat ini banyak pekerjaan terbantu dengan adanya teknologi canggih yang mulai banyak diterapkan di hampir semua sektor tak terkecuali sektor pertanian.

Bahkan, kini para petani bisa dengan mudah mendeteksi hama tanaman dengan menggunakan smartphone.

Lalu, bagaimana caranya?

Melaui aplikasi teknologi Integrated Pest Management (IPM) Online. Hanya dengan mengirimkan data gambar kepada pakar IPB, hama dan penyakit tanaman siap diidentifikasi.

“Aplikasi ini sudah kami ujicobakan pada petani di daerah Cipanas, Jawa Barat. Kami mengajari mereka cara mengambil gambar dan mengirimkannya menggunakan mobile phone atau komputer dengan memanfaatkan jaringan internet,” kata Dr. Yeni Herdiyeni, Peneliti Departemen Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) IPB.

Dr. Yeni mengungkapkan bahwa IPM online ini merupakan sebuah aplikasi yang fokus pada pengembangan teknologi mobile dan web based untuk identifikasi penyakit dan hama menggunakan teknologi berbasis gambar, citra, dan foto.

“Di Indonesia aplikasi teknologi ini masih jarang. Namun di luar negeri, teknologi ini sudah marak dipergunakan untuk membantu bidang pertanian dan lainnya. Jika aplikasi ini tidak segera diperkenalkan, khawatir kita tertinggal dengan negara tetangga,” tuturnya.

Baca Juga:  Rumput Laut Cokelat Penghasil Alginat Berpotensi Jadi Peluang Usaha
loading...
loading...