Cara Alami Berantas Hama Bekicot

Pertanianku Hama bekicot sangat mengganggu pertumbuhan tanaman. Hewan bernama ilmiah Achatina fulica ini merupakan hama yang terkenal aktif di malam hari. Di siang hari, mereka bersembunyi di lubang tanah, kaleng, dan bambu.

Hama bekicot
Foto: pixabay

Bekicot mulai masuk ke Indonesia pada awal abad ke-20. Hewan bercangkang ini sendiri diperkirakan berasal dari wilayah Afrika Timur hingga Afrika Selatan. Beberapa jenis tanaman yang rawan terserang hama bekicot adalah pepaya, pisang, dan sawi.

Bekicot merupakan hewan rakus yang tak segan memakan tanaman hingga ludes. Jika tanaman Anda terserang hama bekicot, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengendalikannya.

Loading...

Singkirkan telur bekicot

Telur bekicot biasa terdapat di atas tanah. Bekicot yang baru saja menetas memang bisa bertahan tanpa makan selama satu bulan. Namun, bukan berarti mereka tidak akan mengganggu tanaman yang sedang Anda budidayakan.

Sebaiknya, segera singkirkan telur bekicot bila Anda menemukannya. Jangan lupa untuk memecahkannya agar tidak tumbuh dan menetas menjadi bekicot dewasa. Anda pun bisa memanfaatkannya sebagai pakan ternak, seperti pakan bagi bebek.

Tabur garam

Bekicot dewasa bisa berendam dalam air tawar hingga 12 jam. Namun, mereka tidak akan betah dan akan mati perlahan bila air tersebut mengandung garam. Pemberian garam bisa mengusir dan bahkan membunuh bekicot sehingga tidak lagi mengganggu tanaman Anda.

Anda bisa menggunakan garam dapur biasa. Namun bila ingin hasilnya lebih maksimal, Anda bisa menggunakan garam epsom. Garam ini lebih baik bagi kesehatan dan juga bagi tanaman karena kaya akan mineral magnesium atau Mg.

Kulit telur

Kulit telur memiliki tekstur kasar yang tidak disukai oleh hama bekicot. Sisihkan kulit telur yang sudah tidak digunakan. Anda bisa memanaskan pada suhu 40 derajat Celcius selama 10 menit atau dijemur terlebih dahulu.

Baca Juga:  Aneka Hama pada Tanaman Hidroponik

Cara penggunaan kulit telur untuk menghalau bekicot adalah dengan meremukkan kulit tersebut. Letakkan dekat tanaman. Bekicot tidak menyukai tekstur kasar yang dihasilkan dari remasan kulit telur tersebut.

Lilitkan aluminium atau tembaga

Cara ini juga bisa Anda gunakan untuk mengusir bekicot. Lilitkan aluminium atau tembaga pada batang tanaman. Hal tersebut dapat melukai badan bekicot ketika hewan bercangkang tersebut hendak naik dan merusak tanaman.

Loading...
Loading...