Cara Alami Membasmi Hama Tikus

Pertanianku — Tikus menjadi hama yang menyebalkan karena bisa merusak perkebunan atau persawahan dalam kurun waktu relatif cepat. Tikus yang dibiarkan begitu saja akan menyebabkan lonjakan populasi karena tikus mudah beranak-pinak. Anda dapat membasmi hama tikus secara alami tanpa menggunakan bahan-bahan yang bisa membahayakan tanaman.

hama tikus
foto: Pertanianku

Berikut ini beberapa cara alami membasmi hama tikus.

Burung hantu

Burung hantu merupakan predator alami bagi tikus. Kedua hewan tersebut sama-sama merupakan hewan nokturnal yang aktif pada malam hari. Tikus aktif pada malam hari untuk mencari makan dengan merusak tanaman budidaya. Kondisi ini membuat burung hantu menjadi lebih mudah memburu tikus yang berkeliaran di areal pertanaman.

Ubi kayu atau singkong

Anda bisa menggunakan ubi kayu atau singkong sebagai pestisida alami yang cukup mudah didapatkan. Gunakan singkong atau ubi kayu yang belum dicuci, lalu parut hingga halus. Campurkan parutan tersebut ke dalam air kelapa, kemudian direbus. Singkong yang sudah matang diletakkan di dalam lubang-lubang tikus atau di area tempat tikus berlalu-lalang.

Pepaya tua

Pepaya tua dapat menyebabkan kematian pada tikus. Cara penggunaannya sangat mudah. Anda hanya perlu memberikan pepaya tua langsung ke tikus dan tunggu reaksi yang akan terjadi setelah tikus memakannya. Di dalam buah pepaya tua terdapat zat yang bekerja sebagai racun, yaitu enzim albuminose karena mengandung bahan aktif papain yang digunakan sebagai rodentisida.

Cabai dan jengkol

Meski cabai dan jengkol lebih enak diolah menjadi jengkol balado, bahan-bahan ini juga bisa digunakan sebagai ramuan pestisida organik untuk tikus. Cara pengolahannya sangat mudah, Anda hanya tinggal merendam jengkol dan cabai selama beberapa waktu. Air bekas rendaman bisa disemprotkan ke hama tikus untuk menghilangkan nafsu makan tikus.

Baca Juga:  Berkebun Durian Matahari, Durian Unggul Asal Bogor

Di dalam pestisida ini mengandung minyak atsiri, piperin, dan piperidin yang berfungsi sebagai repellent dan mengganggu preferensi makan hama.

Predator alami

Selain burung hantu, masih banyak binatang yang berperan sebagai predator alami bagi tikus, di antaranya musang, kucing, anjing, ular, burung elang, dan lainnya. Predator yang paling sering terlihat adalah ular sawah.


loading...