Cara Alami Mengatasi Hama Tanaman Selada

Pertanianku — Bertanam selada tidak akan lepas dari ancaman serangan hama dan penyakit. Kedua ancaman tersebut dapat menyebabkan tanaman selada gagal panen karena tanaman tidak layak konsumsi. Mengatasi hama tanaman selada dapat dilakukan dengan cara alami menggunakan bahan-bahan organik tanpa bahan kimia. Cara ini biasanya digunakan oleh petani sayuran organik agar tanaman sayurnya tidak mengandung residu bahan kimia.

hama tanaman selada
foto: pertanianku

Bagi Anda yang tertarik mengatasi serangan hama tanaman selada secara organik, simak ulasan berikut ini.

Hama siput

Siput termasuk hama yang sangat merusak karena akan memakan daun selada hingga koyak. Hama siput bisa diatasi secara manual, yakni dengan mengambilnya secara manual dan dikumpulkan sebagai pakan ternak atau dimusnahkan.

Jika serangan hama siput sudah mulai sulit terkendali, Anda dapat menggunakan abu kayu. Caranya cukup mudah, taburkan abu kayu di sekeliling akar tanaman atau di dalam parit. Selain itu, Anda juga bisa mencampurkan abu kayu dengan air dan semprotkan larutan ke tanaman.

Ulat jengkal

Ulat jengkal atau Trichoplusia sp. akan mengawali serangan dengan memakan bagian bawah tanaman. Setelah itu, ulat akan beranjak memakan daun-daun muda. Pengendalian ulat dapat diawali dengan pengendalian manual, yakni mengambil ulat yang terlihat di kebun dan memusnahkannya.

Sementara itu, jika serangan ulat jengkal semakin masif, Anda bisa menggunakan kunir. Kunir ditumbuk dan dicampurkan dengan urine sapi. Setelah itu, campur bersama air dengan perbandingan 1:2—6.

Kutu aphid hijau

Kutu aphid hijau atau Myzus persicae Sulz dapat menyebabkan daun selada menjadi kuning, rapuh, dan tanaman menjadi kerdil. Selain itu, kotoran yang dihasilkan kutu dapat mengundang kehadiran semut dan jamur jelaga yang menyebabkan daun berwarna hitam. Kondisi tersebut tentu saja akan menyebabkan proses fotosintesis tanaman terganggu.

Baca Juga:  Petani Perlu Menguasai Teknologi Pascapanen yang Benar

Pengendalian kutu dapat diawali secara mekanis, yakni menekan kutu hingga mati. Gunakan plastik mulsa hitam perak atau kertas aluminium untuk mengusir kutu. Plastik mulsa akan memantulkan sinar matahari sehingga membuat kutu silau.

Kutu aphid hijau juga bisa diatasi dengan menggunakan musuh alami atau predator kutu, yaitu kumbang macan. Kumbang akan memangsa larva dan kutu dewasa.