Cara Ampuh Atasi Hama Musang Peternakan Ayam


Pertanianku — Ayam termasuk binatang ternak yang mudah dipelihara. Beternak ayam bisa dilakukan di mana saja. Namun, usahakan lokasi peternakan ayam dibangun jauh dari permukiman penduduk supaya tak menimbulkan masalah di kemudian hari.

peternakan ayam
Foto: Google Image

Pilihlah tempat yang aman untuk dibuat menjadi area peternakan ayam. Akan tetapi, Anda juga harus mewaspadai serangan hama, seperti musang. Lalu, bagaimana cara mengatasi hama tersebut? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

Pakai kandang yang kuat

Mulailah dengan menyediakan kandang ayam yang kuat. Kandangnya tidak harus terbuat dari besi atau baja. Asalkan dipilih dari material yang bermutu, kandang pasti kuat dan kokoh. Anda bisa memakai material kayu atau bambu yang telah diawetkan sehingga memiliki struktur yang tahan banting. Kemudian secara berkala, gantilah bagian kandang yang sudah keropos.

Terangi kondisi di kandang

Musang merupakan binatang nokturnal. Dia lebih aktif saat di malam hari ketimbang di siang hari. Sama seperti hewan nokturnal lainnya, musang pun tidak kuat terhadap cahaya. Mereka cenderung akan menjauhi tempat-tempat yang memiliki cahaya terang karena tidak kuat dengan sinarnya. Jadi, Anda bisa memasang beberapa lampu untuk membuat suasana kandang ayam menjadi terang.

Gunakan anjing untuk menjaga

Di satu sisi, musang merupakan predator bagi ayam. Namun di sisi lain, ada pula predator bagi musang, yaitu anjing, khususnya anjing penggembala. Anjing ini sangat ditakuti oleh musang karena tidak segan-segan menghabisinya dalam satu gigitan. Jadi, Anda bisa menggunakan bantuan anjing untuk menjaga keamanan kandang.

Tanam pandan wangi di sekitar

Pandan mampu mengeluarkan aroma khas ketika merasa terganggu. Misalnya untuk musang pandan yang akan mengeluarkan bau menyerupai daun pandan yang harum. Anda bisa mencoba trik dengan menanam tumbuhan pandan wangi di sekitar area kandang.

Baca Juga:  Biosecurity, Pencegah Penyakit Ayam yang Ampuh

Jika ada musang yang kebetulan lewat dan mencium baunya, dia pasti mengira kalau ada musang lain yang sedang marah sehingga tak berani mendekatinya.

Pasang jaring mengelilingi kandang

Percaya atau tidak, musang mempunyai naluri alamiah untuk menghindari jaring. Di mana ada jaring, mereka akan langsung pergi menjauhinya. Anda bisa coba memasang jaring mengelilingi tempat peternakan sebagai pagar. Sebagai alternatifnya, Anda juga bisa menggunakan paranet atau jaring ikan biasa.

Usir menggunakan belerang

Jika Anda merasa yakin ada sarang musang di sekitar kandang ayam, tetapi tak dapat menemukannya, Anda bisa mengusir musang-musang tersebut dari sarangnya menggunakan belerang. Belerang mempunyai bau tak sedap. Musang yang memiliki indera penciuman sangat tajam ini pasti tidak tahan kalau dipaksa menghirupnya. Anda tinggal meletakkan belerang yang telah dibakar di tempat-tempat yang dicurigai.

Pasang jebakan

Kita tentu sudah biasa menggunakan jebakan untuk menangkap hama, begitu pula dengan musang. Namun faktanya adalah musang merupakan binatang yang cukup cerdik. Anda mungkin membutuhkan lebih dari sekadar jebakan biasa untuk menangkapnya. Gunakan jebakan sebanyak mungkin agar peluangnya semakin besar. Anda bisa memakai darah atau lemak ayam sebagai umpannya.