Cara Aplikasi Biochar yang Benar

Pertanianku — Fungsi biochar sebagai pembenah tanah dapat bekerja secara maksimal apabila diberikan dengan cara yang benar. Aplikasi biochar dilakukan ketika pengolahan tanah terakhir, baik di lahan sawah maupun di lahan kering. Setelah diaplikasikan biochar, lahan tersebut harus didiamkan selama 1—2 minggu untuk memberikan kesempatan pembenah tanah ini berinteraksi dengan tanah.

aplikasi biochar
foto: Pertanianku

Pada dasarnya aplikasi biochar dapat dilakukan melalui tiga cara. Pertama, ditebar secara merata di seluruh permukaan tanah, kemudian diaduk hingga kedalaman 5 cm. Kedua, diberikan melalui larikan atau jalur tanaman, kemudian jalur tersebut ditutup dengan tanah. Ketiga, dibenamkan ke dalam luang tanam. Cara aplikasi biochar harus disesuaikan dengan kondisi lahan, ketersediaan tenaga kerja, jenis tanaman, dan jarak tanam.

Disebar

Biochar disebar secara merata di permukaan tanah sebelum proses pengolahan tanah terakhir. Selanjutnya, lahan dicangkul untuk mencampurkan pembenah tanah dengan tanah. Pencampuran ini perlu dilakukan agar terjadi interaksi dengan tanah dan menghindari biochar hilang terbawa angin.

Cara aplikasi ini bisa dilakukan untuk lahan kering ataupun di lahan sawah. Cara ini terbilang praktis tetapi berisiko menyebabkan biochar hilang terbawa angin atau air saat hujan.

Aplikasi dilarik di jalur tanaman

Buatlah larikan dengan lebar 20 cm dan kedalaman 20 cm di jalur tanaman, kemudian taburkan biochar secara merata di dalam larikan, kemudian tutup dengan tanah. Setelah itu, lakukan penanaman. Cara ini membutuhkan tenaga kerja yang lebih banyak karena Anda harus membuat larikannya.

Dibenamkan ke dalam lubang tanam

Buatlah lubang tanam dengan lebar, panjang, dan kedalaman masing-masing 20 cm, kemudian masukkan biochar ke lubang tanam dan tutup dengan tanah. Setelah itu, Anda baru bisa melakukan penanaman. Jika dosis biochar yang digunakan cukup tinggi, Anda perlu membuat lubang tanam yang lebih besar.

Baca Juga:  Langkah Mudah Menanam Lobak Organik di Pot

Cara aplikasi ini membutuhkan tenaga kerja yang lebih banyak daripada larikan, tetapi biochar tidak akan hilang karena angin atau air hujan.