Cara Baru Olah Daging Kambing Tak Bau Prengus, Cek di Sini!


Pertanianku – Daging kambing bisa dikatakan menjadi salah satu makanan favorit banyak orang. Namun, biasanya seseorang akan memilih menikmati kambing olahan di restoran ketimbang mengolahnya sendiri di rumah.

Foto: pixabay

Hal ini karena daging kambing memiliki bau prengus yang cukup menyengat. Dan, jika memasaknya tidak dilakukan dengan benar, bau prengus tersebut masih akan tercium hingga daging matang.

Mengolah daging kambing yang tepat agar tidak berbau anyir alias prengus, bukan hanya dari segi cara memasaknya, melainkan harus dimulai dari cara membersihkan daging kambing itu sendiri. Sebenarnya, trik seperti apa sih yang bisa dilakukan saat membersihkan daging kambing agar bau anyir dari daging tidak lagi tercium saat proses pengolahan?

Trik dalam membersihkan daging kambing agar bebas bau prengus, ternyata tidak sulit untuk dilakoni. Cara pertama adalah memastikan daging kambing ditrim dengan menggunakan pisau yang tajam.

Kemudian, cuci dan bilas bersih daging langsung di bawah kucuran air mengalir. Tempatkan dagung di dalam wadah mangkuk besar. Bersihkan bagian tulang-tulang atau segala yang tajam di bagian potongan daging kambing dengan menggunakan air dari selang.

Langkah selanjutnya rendam daging kambing dengan susu yang dicampurkan dengan 1 sendok makan kopi bubuk instan dalam air susu rendaman ini. Langkah inilah yang berfungsi untuk menghilangkan bau anyir atau prengus dalam kambing.

Setelah mencampurkan dengan bubuk kopi, jangan lupa juga untuk menambahkan cairan cuka, sayur-sayuran, ataupun citrus yang biasanya juga terdapat dalam resep olahan daging kambing. Dimana sebagian besar bahan tersebut mengandung kandungan antibakteri.

Terakhir, tutup wadah mangkuk berisi daging kambing yang sedang direndam tersebut dengan aluminium foil dan simpan di dalam lemari pendingin semalaman.

Baca Juga:  Rumput Laut Cokelat Penghasil Alginat Berpotensi Jadi Peluang Usaha

Bagaimana, ternyata menyenangkan bukan jika bisa memasak kambing sendiri di rumah?

loading...
loading...