Cara Beda dan Unik Menanam Kaktus di Rumah


Pertanianku — Tanaman kaktus yang identik hidup di tanah gersang tersebut, kini tengah digandrungi para hobiis tanaman hias. Nah, bagi Anda yang tertarik menanam kaktus di rumah tapi areanya terbatas, Anda bisa mencoba menanam sejumlah kaktus dalam satu pot.

menanam kaktus
Foto: Pixabay

Lebih menarik lagi, jika Anda menambahkan pernak-pernik seperti batu-batuan sehingga pot tersebut menjadi sebuah diorama nan unik. Lantas, bagaimana cara membuatnya?

Siapkan sejumlah tanaman kaktus kecil dan beberapa jenis tanaman sukulen seperti cocor bebek atau sansevierial sebagai ‘temannya’. Sediakan pula pot bunga lebar dengan diameter sekitar 30 cm dan tinggi 20 cm, kaktus dalam pot kecil, sarung tangan untuk berkebun, penjepit, kerikil, media tanam, sendok teh, dan beberapa action figure sebagai hiasan.

Pertama, letakkan kerikil yang sudah disiapkan ke dasar pot. Jumlah kerikil tidak perlu memenuhi sampai permukaan pot. Anda cukup isi 1/3 dari tinggi pot. Sebab, kebanyakan kaktus memiliki akar yang dangkal. Kemudian, taburkan tanah di atasnya.

Lalu, siapkan lubang berukuran diameter tanaman kaktus yang sudah ditanam pada pot kecil sebelumnya. Untuk menjaga kaktus agar tetap hangat, Anda bisa menutupnya menggunakan botol plastik bening atau wadah yang seukuran, selama penanaman berlangsung.

Pada saat memindahkan kaktus dan sejumlah tanaman sukulen pada pot sebelumnya, siapkan koran sebagai alas transisi untuk membersihkan kaktus. Jangan lupa, gunakan sarung tangan berkebun di tangan Anda.

Setelah kaktus dan tanaman sukulen sudah bersih dan padat tanahnya, barulah tanamkan kaktus menggunakan penjepit, menuju lubang yang sudah disiapkan.

Tanam kaktus, dan tekan ke dalam permukaan tanah. Untuk memadatkan, Anda bisa menggunakan sendok teh. Lakukan juga terhadap tanaman lain yang hendak ditanam di sampingnya. Setelah kaktus dan sukulen ditanam, semprotkan air hangat pada bagian tanah. Hal ini bertujuan agar tidak terlihat kering untuk beberapa hari.

Baca Juga:  Bibit Bunga Hias yang Miliki Prospek Bisnis Menjanjikan

Jadikan tanaman kaktus Anda sebagai diorama yang bercerita. Anda bisa membuat jalan dengan tambahan pasir atau kerikil. Kemudian, letakkan detail tambahan seperti action figure. Tanaman kaktus Anda pun terlihat ciamik seperti studio film mini yang bisa Anda kreasikan sendiri.