Cara Benar Melubangi Mulsa Plastik untuk Bercocok Tanam


Pertanianku — Mulsa adalah bahan penutup bedengan untuk menjaga tingkat kelembapan tanah, mencegah tumbuhnya mulsa, serta mengendalikan hama dan penyakit. Untuk melubangi mulsa plastik, Anda bisa memanfaatkan kaleng bekas atau menggunakan alat pelubang mulsa khusus.

melubangi mulsa plastik
Foto: Dok. Pertanianku

Berdasarkan bahan pembuatnya, ada dua jenis mulsa, yaitu mulsa organik dan mulsa anorganik. Meskipun harganya lebih mahal, banyak petani lebih memilih menggunakan mulsa anorganik karena lebih praktis dan awet.

Contoh mulsa yang terbuat dari bahan anorganik adalah mulsa plastik hitam perak. Mulsa ini mempunyai warna yang berbeda di kedua sisi permukaannya. Permukaan yang berwarna hitam dipasang menghadap ke bawah untuk menjaga kelembapan tanah serta mencegah tumbuhnya rumput. Sementara, yang berwarna perak dipasang menghadap ke atas untuk memantulkan sinar matahari.

Pemasangan mulsa plastik biasanya dilakukan setelah proses pengolahan tanah dan pembentukan bedengan selesai dikerjakan. Waktunya kurang lebih seminggu sebelum masa penanaman bibit tanaman. Sebaiknya pasanglah mulsa pada siang hari ketika matahari sedang bersinar sangat terik.

Melubangi mulsa plastik menggunakan kaleng

Anda perlu menyiapkan beberapa kaleng bekas susu terlebih dahulu. Rapikan tepi atas kaleng tersebut agar nantinya dapat menghasilkan potongan yang seragam. Kemudian, kaleng-kaleng ini dibakar agar suhunya menjadi panas. Kaleng yang sudah panas lantas diambil menggunakan penjepit makanan.

Anda juga bisa memodifikasi kaleng dengan memasang pegangan terlebih dahulu. Setelah itu, bagian atas kaleng ditempelkan ke mulsa plastik selama beberapa detik. Mulsa plastik yang meleleh karena ditempeli kaleng panas pun akan berlubang dengan sendirinya. Lakukan teknik ini secara cepat agar hasil potongannya rapi dan seragam.

Melubangi mulsa plastik memakai alat khusus

Kalau ingin mendapatkan hasil yang rapi dalam waktu singkat, sangat disarankan Anda memakai alat khusus untuk melubangi mulsa plastik. Alat ini memiliki bagian ujung pelubang yang berbentuk gerigi. Pelubang tersebut memiliki mata pisau yang sangat tajam sehingga mampu melubangi mulsa dengan hasil yang sangat rapi.

Baca Juga:  Cara Membuat Pupuk Kompos dari Ampas Kopi

Cara menggunakannya adalah Anda bisa menancapkan/menekan alat tersebut ke arah plastik mulsa, lalu putarlah. Mata pisau pun secara otomatis akan bergerak mengoyak/memotong mulsa plastik tersebut.