Cara Bersosialisasi Dengan Kucing di Rumah

Pertanianku – Anak-anak sangat menyukai kucing dan kitten. Namun, masalah bisa saja terjadi terutama ketika pertama kali kucing tiba di rumah. Beberapa ras kucing ada yang sangat cocok dan dekat dengan anak-anak tanpa perlu proses sosialisasi yang lama. Secara umum, sosialisasi ini cukup penting dilakukan agar kucing menjadi nyaman dan mengenal seisi rumah tempat tinggalnya.

Cara Bersosialisasi Dengan Kucing di Rumah

Hubungan kucing dengan manusia biasanya sangat cepat terjalin. Tidak perlu banyak waktu agar kucing dan seluruh penghuni rumah saling mengenal. Meskipun awalnya ingin main dengan kucing karena sangat menggemaskan, tetapi malah menyakitinya. Misalnya, hal-hal seperti menarik ekornya atau menjambak bulunya bisa membuat kucing atau kitten marah, lalu melakukan perlawanan seperti mencakar dan akhirnya melukai anak-anak.

Kucing memiliki daya ingat yang kuat. Ketika dilukai, kucing akan selalu ingat dan berusaha menjaga diri dan waspada terhadap siapa pun yang pernah mencelakainya. Untuk menghindarinya, ada langkahlangkah yang bisa dilakukan. Berikut tahapan dalam bersosialisasi dengan tanpa meninggalkan kesan buruk bagi kucing.

  1. Ambil posisi duduk sebelum kucing tiba di rumah.
  2. Untuk pertama kalinya, berbicaralah pada kucing.
  • Katakanlah bahwa Anda menyukai bulunya yang lembut sambil mengelus-elusnya.
  • Katakanlah betapa bagus dan lucunya dia karena ukurannya yang mungil (terutama untuk kitten).
  1. Jelaskan perlahan pada anak-anak bahwa kita adalah raksasa untuk kucing karena ukuran badan manusia yang besar mungkin bisa membuatnya takut dan tidak sengaja menyakitinya.
  2. Sampaikan juga pada anak-anak untuk tidak memperlakukan kucing seperti anjing. Hal ini karena kucing tidak suka dikejar/diburu. Perlakuan tersebut hanya akan membuat kucing lari dan ketakutan.
  3. Biarkanlah kucing yang mendatangi Anda dan jangan dipaksa.
  4. Ajarkan anak-anak bermain dengan kucing menggunakan alat khusus, seperti bola atau karet yang mirip tikus
Baca Juga:  Jangan Panik! Begini Caranya Mengatasi Kelinci yang Pilek

 

Sumber: Buku Paduan Lengkap Kucing


loading...