Cara Bertanam Bayam Hijau Organik di Rumah


Pertanianku — Bayam hijau merupakan salah satu jenis sayuran yang banyak disukai masyarakat Indonesia. Nah, bagi Anda yang suka dengan sayuran bayam hijau, Anda bisa mengonsumsi sepuasnya dengan cara menanam bayam hijau organik di rumah untuk persediaan keluarga.

cara menanam bayam hijau organik
Foto: Pixabay

Bagi Anda yang mau menanam sayuran bayam hijau ini di rumah, ada beberapa sistem yang bisa dimanfaatkan. Pasalnya, sayuran bayam hijau tersebut merupakan tanaman yang mudah ditanam dengan kebanyakan sistem penanaman di Indonesia.

Adapun sayuran bayam hijau tersebut bisa ditanam menggunakan beberapa sistem penanaman seperti sistem hidroponik, akuaponik, dan sistem organik. Dengan begitu, Anda bisa memilih sistem mana yang Anda sukai untuk menanam bayam hijau di pekarangan rumah tersebut.

Menanam bayam hijau dengan cara organik menjadi salah satu cara penanaman yang paling mudah untuk dilakukan karena tidak membutuhkan alat-alat yang terlalu sulit didapatkan. Berikut ini langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk menanam sayuran bayam hijau menggunakan cara organik.

Pertama-tama siapkan starterkit penanaman organik yang akan digunakan untuk menanam sayuran bayam hijau tersebut. Setelah itu, siapkan sekam bakar, tanah, dan pupuk organik dengan perbandingan 1:1:1. Campurkan ketiga bahan tersebut hingga benar-benar merata, lalu gunakan sebagai media tanam.

Masukkan media tanam tersebut ke starterkit organik yang telah disiapkan tersebut. Buat lubang tanam pada media tanam menggunakan tangan atau bisa menggunakan tangkai atau semacamnya. Buka kemasan benih bayam hijau lalu siapkan beberapa untuk disemai. Tanam benih bayam hijau tersebut ke dalam lubang tanam yang telah disiapkan.

Tutup kembali lubang tanam, kemudian siram menggunakan air secukupnya hingga media tanam menjadi lembap. Setelah pecah benih, langsung kenakan tanaman ke sinar matahari agar bisa tumbuh dengan maksimal.

Baca Juga:  Penuhi Kebutuhan, Indonesia Masih Impor Singkong

Dengan menggunakan sistem organik, diharapkan bisa mendapatkan bayam hijau dengan kualitas terbaik. Sayuran organik tersebut memang memiliki kualitas kandungan gizi yang lebih baik dibandingkan sistem konvensional. Oleh karena itu, selain bisa menyalurkan hobi untuk bertanam sayuran, Anda juga bisa mendapatkan manfaat berupa sayuran bayam hijau yang bergizi.