Cara Bertanam Hidroponik dengan Hidrogel


Pertanianku — Bertanam bisa Anda lakukan dengan berbagai teknik termasuk salah satunya adalah hidroponik dengan hidrogel. Hidrogel adalah kristal polimer yang berfungsi untuk menyerap dan menyimpan air dan nutrisi untuk tanaman dalam jumlah besar. Selain itu, hidrogel berfungsi sebagai pengganti tanah pada tanaman.

hidroponik dengan hidrogel
Foto: Pixabay

Cara menanam hidroponik dengan hidrogel ini telah banyak dilakukan oleh para petani inspiratif. Cara menanam hidroponik dengan hidrogel yang terbilang mudah menjadi inspirasi petani untuk ikut mencobanya.

Hidrogel bisa terurai melalui pembusukan yang dilakukan oleh mikroba sehingga produk ini terbukti aman digunakan. Hidrogel ini tidak larut dalam air, tetapi hanya menyerap dan melepaskan air serta nutrisi secara proporsional ketika dibutuhkan oleh tanaman.

Dengan begitu, tanaman akan selalu memiliki persediaan air dan nutrisi setiap saat. Tak hanya itu, adanya hidrogel juga akan membuat tampilan tanaman Anda tampak indah. Berikut ini langkah-langkah cara menanam hidroponik dengan hidrogel.

  1. Menyiapkan tanaman hidrogel

Tak semua tanaman bisa tumbuh dengan baik menggunakan hidrogel. Adapun ciri-ciri tanaman yang bisa tumbuh dengan hidrogel ialah tanaman yang bersifat tahan kadar air berlebih, tahan kelembapan yang tinggi, tidak berkayu, tanaman indoor, dan tanaman yang umumnya tidak berbunga.

Cabut tanaman yang akan Anda tanam dari potnya terlebih dahulu. Perhatikan bahwa bagian akar-akarnya tidak terputus. Selanjutnya, hilangkan tanah dari akar. Untuk lebih mudahnya, Anda bisa lakukan dengan cara merendam tanaman dalam air selama 1 jam terlebih dahulu.

Langkah selanjutnya, cuci semua bagian tanaman yang akan Anda tanam hingga bersih. Tak terkecuali bagian daun, batang, hingga akar. Buang saja akar yang sudah tampak rusak, patah, ataupun membusuk.

  1. Menanam tanaman hidrogel

Simpan tanaman ke wadah yang berisi air semalaman sebagai langkah untuk melatih serta membiasakan tanaman hidup pada tingkat air tinggi. Ambil serta tuangkan air sebanyak 1 liter ke penampungan hidrogel.

Baca Juga:  Cara Terbaik Penanganan Pascapanen Cabai Jawa

Gunakan air matang supaya hidrogel tetap dalam keadaan steril. Siapkan wadah yang sudah berisi air tadi. Lalu, masukkan hidrogel kering ke wadah tersebut. Aduk-aduk selama 10 detik. Diamkan selama 4 jam dan tunggu hidrogel mengembang kemudian tiriskan.

Bilas menggunakan air bersih 1 kali, kemudian diamkan lagi selama 30 menit. Selanjutnya, hidrogel bisa dipindahkan ke dalam vas ataupun pot baru untuk tanaman hias. Masukkan hidrogel ke dalam pot sebanyak 1/4 volume pot yang nantinya akan digunakan. Lalu masukkan tanaman yang nantinya akan ditanam ke dalam hidrogel secara perlahan serta hati-hati.

  1. Memelihara tanaman hidrogel

Siram tanaman dengan handsprayer pada bagian daunnya saja sesekali. Jika hidrogel terlihat menyusut (1—2 bulan), siram hidrogel dengan air secukupnya. Atau, keluarkan tanaman dan hidrogel dari vasnya, kemudian rendam hidrogel selama 30 menit supaya mengembang kembali.