Cara Bertanam Tomat Agar Tahan Hama dan Penyakit


Pertanianku — Tomat termasuk sayuran buah yang paling digemari banyak orang karena rasanya enak, segar, dan memiliki sejumlah manfaat. Tanaman sayur ini bahkan bisa ditanam di lahan sempit. Cara bertanam tomat juga tidak begitu sulit.

Cara bertanam tomat
Foto: Pixabay

Keuntungan lainnya, yaitu buah tomat sangat baik bagi penderita penyakit wasir. Manfaatnya untuk kecantikan pun tidak diragukan lagi. Bagi Anda yang berminat untuk menanam tomat di rumah, berikut ini langkah-langkah bertanam tomat yang tahan terhadap serangan hama dan penyakit.

  1. Syarat tumbuh

Tomat dapat tumbuh dengan baik di dataran rendah ataupun tinggi (pegunungan) dengan kondisi tanah gembur sedikit mengandung pasir, dan banyak mengandung bahan organik. Tanah liat yang mengandung pasir dengan pH antara 5—6 sangat disukai tanaman ini.

  1. Cara tanam

Tomat dikembangkan dari bijinya. Sebelum ditanam, biji tomat disemai terlebih dahulu. Jika sudah disemai, tanaman tomat yang berumur 1,5 bulan diberi pupuk buatan dengan campuran Urea, TSP, dan KCl dengan perbandingan 2 : 3 : 1 sebanyak 12 gram tiap tanaman. Pupuk diletakkan dalam alur secara melingkar kurang lebih 5 cm dari batang tanaman, kemudian alur ditutup dengan tanah.

Saat umur tanaman tomat 1,5 bulan cabang samping dipangkas hingga tersisa 1—2 cabang utama tiap tanaman. Tunas yang tumbuh pada ketiak daun dan berbunga sedikit harus dibuang. Sebab, tunas-tunas tersebut dapat mengurangi produksi buah.

  1. Pemeliharaan

Tanaman tomat memerlukan pemeliharaan khusus, terutama dalam pengendalian serangan hama dan penyakit. Bersihkan rumput atau gulma, atur ketersediaan air, pasang ajir dari bambu, serta berantas hama dan penyakit yang menyerang. Untuk pemberantasan hama dan penyakit, sebaiknya terlebih dahulu Anda mengenali jenis hama dan penyakit yang biasa menyerang tanaman tomat.

  1. Pemanenan
Baca Juga:  Tips Mengendalikan Hama dan Penyakit Tanaman Melon

Buah pertama sudah bisa dipanen setelah tanaman berumur 2 bulan dari penanaman. Tanaman yang unggul dan sehat dapat menghasilkan 10—25 ton buah tomat per hektare. Bila dipanen terlambat, buah akan terlalu masak atau tua sehingga menyebabkan buah jatuh dan mudah rusak selama pengangkutan.