Cara Beternak Kenari untuk Pemula

Pertanianku — Kenari adalah satu jenis burung kicau yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Selain memiliki gacoran yang merdu, kenari juga memiliki harga yang stabil. Karena itu, cukup banyak pencinta burung kicau yang mencoba untuk beternak kenari.

beternak kenari
Foto: Pixabay

Beternak kenari juga dianggap punya prospek yang cukup baik di masa mendatang. Namun, untuk ternak kenari tidaklah mudah karena diperlukan ketelatenan dan kesabaran. Bagi yang sudah berpengalaman memang tidak mengalami kesulitan dalam beternak burung kenari ini, tapi bagi yang masih awam diperlukan kerja keras.

Dibandingkan dengan burung kicau lainnya, sebenarnya perawatan kenari cukup mudah. Misalnya, pemberian pakan dan lainnya. Banyak orang yang sukses karena mengembangbiakkan burung ini. Apalagi, setiap hari permintaannya terus meningkat terutama untuk kontes sehingga harganya tetap stabil di pasaran.


Loading...

Ciri-ciri burung kenari yang memiliki kualitas unggulan untuk dijadikan indukan ternak adalah mudah beradaptasi dan dapat menyesuaikan diri dengan baik pada lingkungan baru serta lincah dan aktif berkicau atau tidak pemalas.

Namun, jika ada kenari yang pemalas, sebenarnya itu bukan berasal dari indukan yang jelek. Hanya saja disebabkan oleh perawatan yang salah seperti pemberian pakan kurang variasi dan mungkin terlalu lama dijemur.

Untuk membedakan kenari jantan dan betina, tidaklah sulit. Anda bisa melihat dari bentuk tubuhnya. Kenari jantan punya tubuh lebih panjang dan ramping, sedangkan betina sedikit membulat. Jika betina dan jantan tersebut berasal dari indukan yang sama, yang jantan akan lebih dulu berkicau dibanding betina.

Pilih indukan dan pejantan usia produktif, yaitu 6 bulan bagi kenari betina dan 8 bulan untuk kenari jantan. Selain itu, pilih sangkar yang baik dan tepat yakni berukuran tidak terlalu kecil serta selalu dibersihkan setiap hari supaya terhindar dari semut dan juga bakteri.

Baca Juga:  Sayuran yang Baik Bagi Tumbuh Kembang Hamster

Ketika proses pengeraman Anda disarankan tidak terlalu sering mengeceknya supaya si induk tidak mudah stres. Proses pengeraman biasanya akan memakan waktu sekitar 12—14 hari. Saat cuaca dingin, Anda bisa menambahkan lampu 5 watt di sekitar kandang untuk memberikan rasa hangat bagi si induk. Hal yang tidak kalah pentingnya adalah pisahkan pejantan dari indukan selama mengerami telur tersebut.

Supaya burung kenari tetap sehat, Anda bisa memberikan obat-obatan alami. Selain itu, lakukan penjemuran setiap pagi hari secara rutin untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan juga membuat kenari lebih gacor.

Loading...
Loading...